Gelitik – Masih seputar menulis, kali ini kita akan berbagi informasi tentang cara menulis di blog. Dalam menulis ada berbagai sifat tulisan. Ada yang menulis formal, semi formal, sastra, atau tulisan lepas.

Dalam blog semua sifat tulisan tersebut sah-sah saja untuk di gunakan. Namun kebanyakan blog menggunakan tulisan yang sifatnya tidak terlalu formal namun tulisan sesuai kaidah penulisan bahasa yang baik.

Biasanya seorang blogger sering mengalami kehabisan ide dalam membuat tulisan. Padahal Yang sulit itu hanya memulai sebuah tulisan. Disini kami akan membahas tentang beberapa cara mengawali sebuah artikel. 

Beberapa blog saya perhatikan memulai tulisan dengan model seperti berikut :

Diawali dengan Pertanyaan

Beberapa blogger selalu mengawali penulisan artikelnya dengan bertanya. Teknik penulisan ini juga banyak digunakan dengan tujuan memikat pembaca sejak dari awal tulisan.

Cara penulisan ini dianggap paling ampuh dibanding beberapa cara yang akan kita bahas.

Dengan bertanya, pembaca seakan di ajak untuk berfikir dan meneruskan membaca untuk menemukan jawaban dalam artikel yang sedang di tulis.

Contohnya seperti berikut :

Tahukah kamu manfaat bawang putih selain sebagai bumbu masakan ? Ya ! ternyata selain sebagai bumbu masak, bawang putih memiliki banyak kegunaan utamanya untuk menjaga kesehatan tubuh, berikut ini adalah beberapa manfaat tersembunyi dari bawang putih

Menulis Seperti Presentasi

Ada juga yang menulis dengan gaya bahasa presentasi, seperti orang yang sedang membicarakan sebuah produk dengan bahasa dan gaya formal.

Baca juga : Cara Menjadi Penulis Gelitik News

Sesekali memberikan kata-kata motivasi untuk membuat orang betah dan untuk meneruskan membaca apa yang ia tulis. 

Contohnya seperti ini :

Hari ini kita akan membahas cara kaya sebelum usia 30. Namun sebelumnya saya akan menceritakan salah seorang tokoh yang kaya sebelum usia 30, Mr. Blabla yang memiliki prinsip, Kerja Cerdas, Kerja Cepat, Kerja Tepat ………. 

Menulis dengan Santai gaya Vlog

Vlog adalah singkatan dari Video blogger, hampir sama dengan presentasi tapi sedikit lebih santai dan bebas. Gaya penulisan ini terkesan lebih bebas dan tanpa tekanan. Sehingga tulisan bisa mengalir dengan sendirinya.

Alur tulisannya pun cukup baik karena seperti orang yang sedang berbicara pada pembaca. Namun tetap memfokuskan pembahasan pada apa yang sedang di baca.

Contohnya seperti ini 

Halo sobat ku semua, jumpa lagi bareng saya. Saya harap kamu tidak bosan membaca tulisan saya yang mungkin sedikit kacau dari tata bahasa. Namun jangan kuatir, saya sedapat mungkin akan menjelaskan bahasan kita sesuai judul kita kali ini.

Sebenarnya setiap orang mampu menulis untuk sebuah blog. Tidak penting bahasa yang digunakan adalah bahasa formal, semi formal, sastra, atau tulisan bebas. Kecuali blog-blog itu memang menganut satu gaya bahasa.

Menulis lah, dan berharap lah ada yang membaca dan memberikan kritik atas tulisan yang kamu buat, karena dengan cara itu kamu bisa memperbaiki tulisan kamu dimasa selanjutnya.