Bisnis di Kampung ?? Kenapa Tidak

68 views
usaha apa yang cocok di kampung ?

Gelitik – Bisnis itu fleksibel, tidak memandang waktu, lokasi dan atau jenisnya. Tapi bisnis itu bergantung pada lokasi, waktu dan jenis bisnis yang di jalankan.

Jika kamu tinggal di desa atau di kampung, bukan berarti tidak bisa menjalankan bisnis, apalagi di era teknologi sekarang ini, bisnis dan peluang usaha semakin terbuka lebar.

Dalam memulai bisnis, ada hal penting yang harus kamu ketahui. Poin-poin penting sebelum memulai bisnis bisa kamu baca dalam artikel Persiapan sebelum memulai bisnis.

Setelah mengetahui persiapan dalam memulai sebuah bisnis, mulailah untuk melakukan survey atau dikenal dengan istilah analisa pasar. Paling gampang dalam menganalisa pasar adalah dengan sebuah pertanyaan, yaitu “apa masalah yang banyak di hadapi oleh orang-orang“.

Buatlah daftar analisa kamu tentang masalah-masalah tersebut. setelah mendapatkan beberapa daftar selanjutnya adalah mencari solusi dari masalah tersebut.

Bila kamu telah menemukan solusi dari masalah-masalah yang di hadapi maka itu adalah peluang bisnis yang bisa kamu jalankan. Hal ini bisa kamu lakukan di di semua tempat termasuk di kampung.

Hal ini menjawab pertanyaan “usaha apa yang cocok di kampung ?”, karena dari analisa ini kamu bisa menemukan bisnis yang cocok untuk kamu jalankan walau pun kamu tinggal di perkampungan.

Di kampung ada beberapa pertanyaan yang sering muncul. antara lain :

  1. Dimana produk hasil pertanian bisa di jual
  2. Bagaimana mengolah hasil pertanian yang melimpah
  3. Apa yang di butuhkan masyarakat desa

Ketiga pertanyaan ini mewakili beberapa masalah yang sering di hadapi warga desa. Dari sini kita bisa melihat peluang usaha yang bisa kita jalankan.

Salah satu hasil pertanian yang banyak di hasilkan oleh warga desa adalah beras, mengapa tidak berbisnis dengan menjadi pengumpul beras atau penjual beras. Kami sudah melakukan analisa bisnis untuk Usaha Beras yang bisa di baca dalam artikel Inilah Analisa Bisnis Beras.

Untuk lebih detailnya, berikut ini beberapa bisnis yang cocok untuk kamu buat di kampung tempat kamu tinggal.

1. Menjual Pulsa dan Token

Di pedesaan, smartphone atau telpon sudah bukan lagi barang langka. Bisa di katakan tiap rumah sudah ada pengguna HP. HP hanya bisa di gunakan bila memiliki pulsa, dan kamu bisa memanfaatkan peluang ini untuk menjawab masalah kebutuhan pulsa di pedesaan.

Atau menjual token listrik di mana pemerintah sekarang menggalakkan penggunaan meteran listrik prabayar. Tentu ini adalah sebuah peluang usaha.

2. Membuat Olahan Hasil Pertanian

Bila di desa kamu ada satu atau dua jenis hasil pertanian yang melimpah seperti buah-buahan dan sayur-sayuran, Kamu bisa memikirkan sebuah cara untuk menjual buah dan sayuran tersebut.

Bila hasil buah melimpah di pasar dan tak bisa bersaing lagi, maka buatlah menjadi bahan olahan seperti keripik atau makanan ringan lainnya yang memiliki daya tahan lama. Intinya membuatnya menjadi sebuah produk baru.

Saat ini memasarkan produk olahan sudah sangat memungkinkan dan pasarnya sangat luas bila di promosikan melalui jaringan internet.

3. Suplai Bahan Pertanian

Karena di kampung adalah mayoritas petani, kenapa tidak berusaha untuk men-suplai bahan pertanian ?. Kamu bisa membuka penjualan alat-alat pertanian, pupuk atau bibit.

Hal ini tentu menjawab masalah para petani yang ada di desa kamu.

4. Membuka Jasa Transportasi

Walau pun saat ini kendaraan sudah di miliki oleh sebagian warga desa, namun masih banyak sekali warga desa yang enggan menggunakan kendaraan mereka untuk mengangkut berbagai hasil pertanian.

Selain itu, di beberapa perkampungan, kendaraan masih minim terutama daerah pengunungan. Kamu bisa memanfaatkan peluang bisnis ini.

5. Pom Bensin Mini

Kebanyakan pom bensin besar ada di perkotaan, jarang ada pom bensin besar yang di bangun di pedesaan. Bensin pun termasuk salah satu masalah yang sering di hadapi warga desa.

Dengan membuka usaha pom bensin mini, maka kamu sudah bisa memiliki bisnis pom bensin. Siapa tau saja, suatu saat desa kamu berubah menjadi kawasan padat penduduk, dan kamu bisa memiliki pom bensin besar.

6. Peternakan

Peternakan itu hanya ada di kampung, tidak ada peternakan di Kota, alasannya biaya operasionalnya mahal. Mengapa kamu tidak membuka usaha peternakan. 

Ada berbagai usaha peternakan yang cocok di kampung seperti ternak sapi bila punya modal cukup, namun ternak ayam atau kambing pun bisa jadi salah satu pilihan alternatif.

Sebenarnya ada banyak sekali bisnis di kampung yang bisa di kelola. Cuman selama ini para warga desa belum menerapkan manajemen usaha secara profesional.

Kebanyakan masih menggunakan cara-cara tradisional, padahal semua bisnis yang kami uraikan di atas, bila di kelola dengan profesional bisa menjadi bisnis yang besar.

Ide Bisnis Peluang Bisnis

Author: 
    author
    Berbagi pengetahuan dan pengalaman dalam bentuk tulisan sederhana, karena berbagi itu Ibadah

    Related Post

    Leave a reply

    This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.