Gelitik – Masih seputar internet marketing, kali ini kita akan membahas soal domain yang terkadang di anggap enteng oleh sebagian orang.

Banyak orang memilih domain asal memilih saja, padahal ada cara-cara atau tips yang baik dalam memilih sebuah domain. Apalagi domain tersebut di gunakan untuk bisnis.

Dalam menentukan sebuah domain yang akan digunakan penting di ketahui beberapa poin yang harus di pertimbangkan. Sebagaimana kami tuliskan dalam penjelasan berikut.

Gunakan Brand / Merk

Jika domain di gunakan untuk bisnis, maka pilih lah sesuai merk usaha kamu. Sehingga tidak sulit untuk mengingat alamat situs yang akan di buat karena sama dengan usaha kamu.

demikian pula sebaliknya, tentu mudah mengingat nama perusahaan kamu dengan melihat alamat situs kamu di dunia maya.

Domain yang singkat

Singkat sebuah domain akan mempermudah orang untuk mengingat. Bila kita bandingkan sebuah kata singkat dan kata panjang maka tentu lebih mudah mengingat sebuah kata yang singkat.

Tujuannya juga sama adalah untuk membuat orang mudah mengingat alamat situs kita di internet.

Hindari penggunaan Angka

Menggunakan angka dalam domain, tidak masalah namun sebaiknya untuk menghindari. Kecuali kalau memang usaha kamu memiliki karakter angka dalam namanya.

Menghindari penggunaan angka di maksudkan jangan sampai orang salah  mengetik alamat domain kamu. Karena biasanya orang akan mengetik sebuah penyebutan angka dengan huruf misalnya angka 7, kebiasaan orang selalu mengetik tujuh.

Hindari penggunaan Tanda Baca

Pada domain kita bisa menggunakan salah satu tanda baca yaitu tanda hubung (-). Sedapat mungkin dalam memilih sebuah domain, penggunaan tanda baca ini untuk di hindari.

Alasannya adalah karena domain yang menggunakan tanda hubungan terlihat tidak profesional dan terkesan dipaksakan.

Hindari Penulisan Alai

Walau pun domain yang di inginkan sudah di beli oleh orang lain, memberi tambahan kata adalah pilihan baik ketimbang menulis domain kita dalam bahasa anak gaul (4lay).

Hal ini selain membuat orang susah dalam mengingat, bagi sebagian orang tulisan Al4y sulit untuk mereka baca.

Pilih Ekstensi dot com

Ada banyak sekali ekstensi domain yang bisa di pilih, namun fokus kan untuk memilih domain dengan ektensi dot com.

Karena saat ini yang familiar adalah domain dengan ekstensi dot com. Bila sudah ada yang ambil maka pilih lah domain dari dot net, info atau org. Bila untuk indonesia bisa menggunakan dot id dan co.id

Alternatif Typo

Typo adalah salah ketik, memilih domain jenis ini juga bisa jadi pilihan menarik. Seperti situs Belanja yang membuat domain blanja dot com.

Bila domain yang kamu inginkan telah di daftarkan oleh orang lain, maka kamu bisa menggunakan typo yang jelasnya domain tersebut masih menggambarkan kata yang di inginkan. Contoh kecil adalah belibeli yang di typo menjadi blibli dot com

Hindari Merk Orang Lain

Jangan sekali-kali menggunakan merk dagang orang lain sebagai domain. Walau kamu mengulas semua produk mereka sebaiknya menghindari penggunaan dari brand yang di ulas.

Misalnya kamu mengulas atau menjual produk Sony, lalu kamu kepikiran untuk memilih domain yang mengandung kata Sony, maka sebaiknya jangan. Karena hal ini di anggap sebagai pelanggaran hak cipta dan dapat di tuntut secara hukum.

Itu lah beberapa tips dalam memilih sebuah domain yang bagus untuk bisnis kamu. Sebaiknya dalam memilih domain, penggunaan brand atau merk usaha sendiri adalah lebih baik.