Home > Teknologi > Cara Memperbaiki Hardisk Eskternal Kena Virus “The Disk Is Write Protected”

Cara Memperbaiki Hardisk Eskternal Kena Virus “The Disk Is Write Protected”

Cara Memperbaiki Hardisk Eskternal Kena Virus “The Disk Is Write Protected”

Gelitik.com – Masbrow … entah kenapa beberapa bulan lalu hardisk eksternal ku tidak bisa dibuka. Dan mengherankan ada banyak partisi yang muncul dengan sendirinya. Saat partisi di buka maka akan minta untuk di format, dan saat di format malah keluar peringatan “The Disk Is Write Protected” terus muncul lagi partisi-partisi lain.

Sebenarnya saya sudah niat buang itu hardisk esternal masbro … tapi sayang harganya cukup mahal jadi aku simpan. Pas hari ini aku liat lagi itu hardisk eksternal dan kebetulan sedang tidak ada kerjaan iseng aku perbaiki.

Awalnya aku coba dengan melakukan penghapusan semua partisi melalui install windows, seperti ketika buat partisi buat PC, ternyata tidak bisa dengan pesan yang sama bahwa hardisk dalam keadaan terkunci “The Disk Is Write Protected”.

Saya lalu ingat ketika memperbaiki hardisk laptop yang hilang system reserved-nya yang menyebabkan windows bisa terinstall tetapi saat instalasi selesai laptop tidak bisa membuka windows.

Saya coba menggunakan cara itu dengan memanfaatkan perintah diskpart. Dan ternyata sukses besar, demikian juga untuk memperbaiki Hardisk Eksternal yang Kena Virus “The Disk Is Write Protected” ternyata juga berhasil dan berikut caranya …

1. Buka CMD atau command Prompt pada bagian start ketik Run atau CMD juga bisa lalu Enter

command prompt

2. Kemudian ketik diskpart lalu tekan enter maka akan muncul seperti gambar berikut ini

Disk part

3. Terus ketik list disk dan kemudian enter maka akan tampil seperti ini

List Disk

4. Dari gambar tersebut di atas silahkan pilih hardisk eksternal yang kena Virus “The Disk Is Write Protected” caranya dengan mengetik select disk 3 berdasarkan contoh. (Hati-hati : nomor 3 menunjukkan nomor hardisk eksternal dalam komputer saya, sedangkan disk 2/no media adalah system reserved jadi teliti dalam memilih karena ini sifatnya permanen dan tidak bisa di kembalikan / undo) kemudian Enter.

Select Disk 3

5. Berikutnya ketik perintah clean kemudian Enter dan tunggu hingga terlihat pesan sukses

Clean

6. Selanjutnya ketik perintah create partition primary kemudian Enter dan akan tampil seperti berikut ini.

create partition primary

Untuk membuat hardisk kamu bisa di gunakan kembali namun saya tidak menyarankan ini kamu bisa langsung mengetik perintah format fs=ntfs label=(nama hardisk) quick kemudian Enter. Saya lebih menyarankan agar melakukan format melalui my computer karena lebih simple sebab nama hardisk lebih jelas.

Baca juga : Teknologi Keamanan Rumah Dengan Teknologi Smartphone

Biaasnya untuk format melalui my computer kamu bisa restart komputer kamu dan sambungkan hardisk eksternal kamu maka langsung akan di minta untuk di format bila kamu mencoba membukanya di my computer. Atau bila kamu malas restart komputer, kamu bisa pake komputer lain atau laptop lain.

Selanjutnya adalah ketik exit lalu Enter untuk keluar dari diskpart dan ketik exit lalu enter lagi untuk keluar dari CMD.

Exit

Bila kamu ingin membagi hardisk eksternal kamu dalam beberapa partisi, bisa kamu lakukan dengan menggunakan cara instalasi windows.

Cara ini juga bisa di gunakan untuk membuat system reserved yang hilang pada hardisk yang biasanya ukurannya 100Mb.

Oke masbro .. sekian dulu, semoga bermanfaat …

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *