Cara Mengetahui Kunjungan Blog Orang Lain

Gelitik – Dalam dunia internet marketing, utamanya yang mengandalkan blog sebagai media pemasaran, wajib mengenal beberapa tools yang bermanfaat untuk di gunakan dalam melihat pesaing. Salah satunya adalah tools untuk melihat kunjungan blog orang lain.

Ada pun beberapa manfaat dari melihat kunjungan blog orang lain yaitu :

  1. Sebagai inspirasi dalam mengelola blog sendiri
  2. Sebagai acuan analisa dalam pengembangan blog 
  3. Sebagai sumber referensi artikel.

Untuk mengetahui kunjungan blog orang lain ada banyak cara namun menurut saya cara yang paling efektif adalah dengan tools berikut ini.

1. Statshow

Cara Mengetahui Kunjungan Blog Orang Lain

Statshow termasuk salah satu situs yang memberikan informasi cukup lengkap tentang sebuah blog terutama soal jumlah kunjungan, info pemilik blog, estimasi penghasilan dan berbagai rank atau posisi situs di beberapa search engine.

Caranya cukup mudah menggunakan tools ini yaitu tinggal memasukkan alamat domain pada kolom yang di sediakan kemudian tekan tombol search.

Maka akan muncul berbagai informasi yang di butuhkan, guna bahan analisa kita tentang blog tersebut.

Kekurangan dari statshow, saya melihat bahwa informasi yang di tampilkan tidak terlalu uptodate. Sehingga kadang informasi dari 3 bulan lalu masih sama dengan informasi pada hari ini.

2. Ranksays

Cara Mengetahui Kunjungan Blog Orang Lain

Menurut saya tools satu ini sedikit lebih unggul untuk akurasi informasi yang di siapkan namun tidak selengkap dengan statshow.

Cara kerjanya juga sama yaitu dengan memasukkan nama domain yang ingin kita analisa, kemudian menampilkan berbagai informasi seperti jumlah kunjungan harian dan rank alexa.

Namun nilai plus dari tools ini adalah dengan adanya tombol rescan (Scan Now) dimana akan menampilkan posisi saat ini.

Kekurangan dari tools ini adalah informasi yang di sajikan tidak selengkap statshow.

3. HypeStat

Cara Mengetahui Kunjungan Blog Orang Lain

Salah satu tools yang memberikan informasi cukup lengkap adalah HypeStat yang menampilkan berbagai informasi mengenai jumlah pengunjung hingga estimasi penghasilan.

Tools online dengan latar warna hitam ini cukup mudah penggunaannya sebagaimana kedua tools di atas. Hanya tinggal masukkan nama domain yang ingin kita ketahui jumlah kunjungannya.

Kamu juga bisa melakukan perbandingan antara dua blog atau domain, termasuk membandingkan domain kamu dengan domain kompetitor. Tentu hal ini sangat bermanfaat sebagai bahan analisa.

Kesimpulan : Memang harus di akui bahwa tidak semua tools di atas menampilkan informasi yang akurat, namun dengan adanya tools ini setidaknya mampu memberikan informasi sebagai bahan referensi dalam pengembangan blog yang kita bangun.