Tinggal di perumahan dengan lahan terbatas membuat space ruangan pun ikut terbatas. Bagi para ibu yang berkantor di dapur, memiliki ruang dapur yang nyaman walau sempit akan membuat semangat memasak makin menyenangkan.

Mengakali ruangan sempit bukanlah perkara sulit selama dalam pemilihan desain dilakukan dengan penuh perhitungan yang matang. Apalagi dalam perumahan yang biasanya ukuran dapur selalu dapat jatah paling belakangan.

Tak perlu insinyur teknik sipil untuk menentukan desain sebuah dapur, seorang ibu berpengalaman tentu lebih paham bagaimana ia mendesain ruang kerjanya hinga ia merasa nyaman.

Bagi para ibu, berikut ini beberapa desain dapur minimalis yang bisa di jadikan inspirasi.

1. Gunakan alat masak elektronik agar hemat ruangan

Dapur Minimalis via Dekor Rumah Net

Dapur minimalis sangat cocok dipadukan dengan alat masak elektronik. Alat masak elektronik selain modern juga sangat minimalis. Dengan menggunakan alat masak elektronik, dapur akan lebih bersih dan higienis.

Dapur pun akan terhindar dari sisa-sisa pembuangan asap yang bisa menyebabkan dapur tampak kotor dan hitam.

Berkumpul dengan keluarga atau teman arisan di ruang dapur dengan tampilan bersih tidak akan membuat kamu kehilangan muka. Tampilan modern dengan alat serba elektronik di sebuah perumahan tentu masih sangat kurang hingga kamu boleh sedikit bangga.

2. Membuat Desain Dapur Minimalis dengan konsep U

Dapur Minimalis Konsep U Via Ndikhome

Jika kau tinggal di perumahan, desain dapur minimalis dengan konsep U mungkin bisa jadi inspirasi kamu. Konseu U adalah membuat dapur dengan model huruf U dengan ukuran yang tidak terlalu lebar.

Model ini memiliki kelebihan dimana space ruang jadi lebih banyak. Dan yang terpenting bahwa ketika memasak di dapur, menjangkau peralatan sangat mudah karena semua lemari tempat menyimpan berbagai keperluan dapur mudah untuk di jangkau.

3. Dapur Minimalis dengan Konsep Resepsionis

Dapur Konsep Resepsionis via Pola Rumah

Kondisi perumahan yang memiliki area terbatas biasanya menyatukan antara ruang tamu dan dapur dalam satu ruang yang lebih panjang. Jika ruang yang di siapkan memiliki model memanjang ada baiknya menggunakan konsep dapur ala resepsionis.

Membangun dapur pada bagian paling ujung kemudian membuat sebuah meja pembatas yang juga berfungsi sebagai meja makan. Seperti sebuah tampilan ruang resepsionis untuk melayani tamu.

Namun konsep dapur ini hanya cocok bagi ibu-ibu dengan tingkat ke-PD-an yang tinggi karena jangan sampai pas lagi masak, sedang ada tamu yang duduk di kursi tamu.

4. Memanfaatkan kaca atau cermin untuk pencahayaan yang memadai

Dapur Minilis via Elizato

Untuk konsep ini, memang sangat baik dari sisi pencahayaan dan penempatan ruang, dimana pas belakang dapur terdapat sebuah kamar mandi. Begitu pun pada sisi samping terdapat jendela yang cukup lebar memungkinkan cahaya masuk dengan baik.

Namun konsep ini hanya cocok untuk bagi perumahan yang berada pada lokasi sudut. Tetapi jangan berkecil hati dulu, karena konsep ini juga bisa di gunakan pada perumahan namun kaca jendela lebar di ganti dengan cermin.

Ada banyak pilihan yang bisa di jadikan inspirasi dalam menata dapur idaman para ibu, termasuk bagi yang tinggal di perumahan. Semoga konsep dapur minimalis ini bisa jadi referensi.