Google Mengembangkan Teknologi Canggih Pelacak Lokasi Panggilan Telpon Untuk 911

Gelitik.com – Google telah melakukan ujicoba teknologi baru yang akan membantu operator 911 mengetahui lokasi pemanggil ponsel yang lebih akurat.

Diberitakan ndtv.com (17/2) Tes tersebut melibatkan puluhan ribu panggilan 911 selama rentang waktu dua bulan di beberapa negara bagian di AS dan hasilnya cukup baik, sebagaimana dikutip dari The Wall Street Journal Jumat malam.

Sistem 911 telah melakukan berbagai upaya untuk melakukan hal tersebut selama 50 bulan dan belum mendapatkan hasil maksimal sebagaimana google.

Dengan bantuan teknologi baru Google, sekitar 80 persen dari panggilan 911 bisa lebih akurat mencari data dalam 30 detik pertama.

Data dari google tersebut juga sangat efektif dalam memperkirakan lokasi panggilan yang awalnya sistem 911 mendeteksi radius luas 15 Km, namun dengan teknologi google menjadi lebih sempit menjadi 3.6 Km sehingga pencarian lebih mudah pada wilayah yang lebih kecil.

Perbaikan dalam melacak data lokasi ini juga dapat membantu petugas operator 911 dalam hal mendeteksi pemanggil yang tidak dapat berbicara dalam bahasa Inggris, atau dalam keadaan panik, sehingga memberikan alamat yang salah.

 baca Juga : Facebook’s Head of News Partnerships Tidak Merekrut Pekerja Untuk Konten Berita

Tes tersebut, yang mencakup 50 call center yang mencakup sekitar 2,4 juta orang di Texas, Tennessee dan Florida, dilakukan bersamaan dengan dua perusahaan yang memiliki koneksi ke pusat 911, West Corp dan RapidSOS.

Untuk pengujian, Google mengirim data lokasi dari pilihan acak penelpon 911 menggunakan ponsel Android langsung ke orang-orang yang menerima panggilan tersebut.

Teknologi lokasi Google saat ini tersedia di 14 negara, dan perusahaan tersebut mengatakan bahwa pihaknya berharap untuk membawanya ke AS tahun ini, kata laporan tersebut.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.