Guntur Romli Dilaporkan Akibat Status “Jemaah Monaslim”

Posted on Des 22 2018 - 3:18am by Admin
Photo :twitter @GunRomli

Gelitik – Status di laman Facebook Guntur Romli, juru bicara Partai Solidaritas Indonesia (PSI) berbuntut panjang. Ketika acara Reuni 212 (2/12/2018), Guntur Romli membuat status yang populer disebut “Jemmah Monaslim”.

Akibat status facebook Guntur Romli ini, ia di laporkan oleh Koordinator bela Islam (Korlabi), Srikandi Japri dan Elit PKS kepada polisi.

Korlabi telah melaporkan Guntur Romli dengan laporan diterima dengan nomor STTL/1305/XII/2018/BARESKRIM. Guntur Romli dilaporkan atas dugaan tindak pidana penistaan agama dengan Pasal 156 KUHP juncto Pasal 156 Huruf (a) KUHP juncto Pasal 28 ayat (2) UU ITE.

Sedangkan DPP PKS juga melakukan hal serupa yang diwakili oleh Pipin Sopian dengan Laporan tercatat dengan nomor LP/B/1658/XII/2018/BARESKRIM.

Pipin melaporkan Guntur dengan tuduhan menyebarkan informasi berisi kebencian atau permusuhan berdasarkan suku, agama, ras, dan antargolongan (SARA).

Adapun dari Srikandi Japri melaporkan Guntur Romli ke Bareskrim karena dinilai menuduh peserta 212 memiliki aliran agama lain.

Baca juga : Umat Islam Sambangi Kedutaan Besar China Setelah Shalat Jumat

Guntur Romli pun mengatakan bahwa apa yang disampaikannya hanya desas-desus. Dan menyatakan tidak ditujukan untuk pihak tertentu.

“Itu kan saya tulis di status saya, ‘jemaah monaslimin’. Desas-desus. Karena saya cuma menganggap itu dengar-dengar, ya kan belum tentu bener. Saya nggak tahu ya, apakah ada orang yang merasa atau tidak. Lalu ada orang yang melaporkan,” kata Guntur Romli dikutip dari Detik News, sabtu, (22/12/2018) .

“Apakah mereka itu merasa sebagai jemaah monaslimin, yang ibadahnya satu kali dalam setahun, kemudian yang tuhannya subenahu watuulo? Terus nabinya itu hulaihi? Apakah mereka merasa sebagai jemaah monaslimin?” sambungnya.

Guntur Romli pun mengambil tindakan hukum dengan membuat laporan balik. Laporan diterima dengan nomor LP/B/1627/XII/2018/BARESKRIM tanggal 17 Desember 2018. Ada tiga orang dari Korlabi yang dilaporkan Guntur yaitu Benny Haris Nainggolan, Damai Hari Lubis dan Novel Bamukmin.

Leave A Response