Ingin Produk Baru Kamu Laku Dipasaran, Coba Ikuti Strategi Ini

49 views

Strategi Pemasaran Produk Baru

Kendala yang sering di hadapi sebuah usaha baru adalah memasarkan produk yang mereka buat. Untuk memperkenalkan produk baru saat ini memang tidak lah sesulit dimasa lalu. Saat ini teknologi digital sangat membantu dalam pemasaran sebuah produk baru. Namun demikian biaya pemasaran saat ini masih merupakan salah satu biaya yang besar.

Salah satu hal yang membuat produk kita laku di pasaran adalah ketika produk kita sudah di kenal banyak orang, sudah banyak yang mencoba dan sudah banyak di bicarakan orang.

Namun bagaimana caranya agar produk kita bisa di bicarakan orang dan orang mau mencobanya? Berikut ini adalah tips agar produk kita bisa laku dipasaran.

1. Produk memiliki ciri khas

Produk memiliki ciri khas dalam artian ada sebuah hal yang menonjol dari produk yang kita hasilkan. Bukan produk yang lain dari pada yang lain. Contoh makanan ringan merk Karuhun dan Maicih, semua orang tau dan banyak orang bisa membuat keripik singkong, walau hanya sebuah keripik singkong, Karuhan dan Maicih memiliki ciri khas yaitu pada jenis-jenis level pedas yang di sajikan.

Tingkat level pendas ini adalah sebuah ciri khas sehingga pencinta cemilan pedas selalu membicarakan kedua produk ini. Ketika ingat cemilan pedas maka kedua cemilan ini pun langsung terlintas di pikiran mereka.

2. Memiliki kemasan yang menarik

Kemasan adalah salah satu hal penting untuk sebuah produk. Jika kita telah membuat produk yang memiliki ciri khas selanjutnya adalah mengemasnya dengan kemasan yang baik. Kemasan yang baik menurut saya ada 2 yaitu :

  1. Kemasan yang menjelaskan sebuah produk dengan cara singkat melalui tampilan kemasannya.
  2. Kemasan yang menciptakan rasa penasaran pada konsumen.

Tujuan dari pembuatan kemasan sendiri adalah agar konsumen mau mencoba produk kita. Buat apa kita memiliki produk yang baik dan enak tapi orang tak pernah mencobanya.

Misalnya sebuah keripik singkong pedas di kemas dalam plastik trasnparan, orang tau itu keripik singkong pedas, bisa melihat bentuk dan melihat komposisi volume cabenya, orang tak akan terlalu tertarik untuk mencobanya.

Namun coba kemas dalam kemasan yang lebih ekslusif maka akan ada 2 hal yang akan timbul yaitu rasa penasaran ingin mencoba dan juga gensi produk yang semakin meningkat.

3. Metode pemasaran yang unik

Pemasaran adalah senjata terdepan bagi sebuah produk. Produk dengan ciri khas dan di kemas dalam kemasan ekslusif belumlah cukup jika tidak punya metode pemasaran yang unik. Beberapa metode pemasaran umum seperti promosi di pameran-pameran atau event-event, melalui sosial media tidaklah cukup.

Metode yang cukup banyak di gunakan saat ini seperti pemberian diskon dan hadiah setidaknya bisa mengalahkan metode umum namun belumlah cukup maksimal. Namun yang saya titik beratkan di sini adalah metode yang unik. Sebuah metode pemasaran yang tidak di kembangkan sebagian orang.

Mengambil contoh dari metode pemasaran unik milik keripik Zanana. Zanana memberikan metode pemasaran yang cukup unik menurut saya di mana Zanana akan memberikan 250 ribu bagi reseller atau agen yang berhasil menjual 250 bungkus atau 500 ribu untuk reseller bagi yang menjual 400 bungkus.

Metode-metode jenis ini sangat baik untuk di kembangkan dan teentunya menjadi daya tarik terutama bagi produk baru yang ingin di pasarkan.

Intinya, Inovasi itu penting dalam sebuah produk, tidak hanya pada produk itu sendiri tapi berbagai aspek yang secara langsung berkaitan dengan produk tersebut.

Ide Bisnis Pemasaran

Author: 
    author
    Berbagi pengetahuan dan pengalaman dalam bentuk tulisan sederhana, karena berbagi itu Ibadah

    Related Post

    Leave a reply

    This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.