Kasus Bank Century, Robert Tantular Dilarang Keluar Negeri

Posted on Des 27 2018 - 6:08pm by Admin
Kasus Bank Century, Robert Tantular Dilarang Keluar Negeri
Mantan Pemilik Bank Century Robert Tantular via KataData.co.id

Gelitik – Mantan pemilik Bank Century di cegat KPK untuk bepergian keluar negeri. Pencegatan tersebut berlaku hingga enam bulan kedepan sebagai bagian dari penyelidikan KPK terhadap kasus Bank Century.

KPK telah mengirimkan surat kepada Ditjen Imigrasi Kementerian Hukum dan HAM. KPK memiliki kewenangan untuk melakukan pelarangan bepergian terhadap seseorang yang sedang dalam masa penyelidikan oleh lembaga anti rasuah tersebut sebagaimana pasal 12 UU Nomor 30/2002.

Pasal 12 UU Nomor 30/2002 ayat (b) berbunyi “memerintahkan kepada instansi yang terkait untuk melarang seseorang bepergian ke luar negeri; (kpk.Go.id)

“Untuk kebutuhan proses penyelidikan di KPK kami melakukan pelarangan ke luar negeri terhadap Robert Tantular sebelum pertengahan Desember tahun 2018 ini karena proses penyelidikan kasus Century ini masih berjalan,” kata Juru Bicara KPK, Febri Diansyah, di Gedung KPK, Jakarta, Kamis 27/12 sebagaimana dikutip dari Antara.

“Karena pelarangan seseorang ke luar negeri bisa dilakukan di tahap penyelidikan, penyidikan, dan penuntutan,” ucap dia.

Baca juga : Guntur Romli Dilaporkan Akibat Status “Jemaah Monaslim”

Dalam kasus ini, KPK telah meminta keterangan dari 40 orang saksi. Dan Robert Tantular pun telah dimintai keterangan pada bulan Desember ini.

“Permintaan keterangan sudah dilakukan pada bulan Desember ini di Kantor KPK tetapi karena prosesnya penyelidikan tentu tidak bisa disampaikan secara lebih rinci,” ujar Febri.

Robert Tantular sebelumnya telah menjalani masa tahanan selama 10 tahun dari hasil vonis 21 tahun dan bebas bersyarat. Vonis tersebut atas kasus perbankan dan pencucian uang (konf/An).

Leave A Response