Gelitik – Sebagai seorang yang senang berbagi informasi melalui tulisan, terkadang ada masa kita kehabisan ide dalam menulis. Apa yang saya akan tulis, pembahasan yang bagus apa, dan berbagai pertanyaan lainnya.

Menulis itu adalah pekerjaan menyenangkan, berikut ini adalah beberapa Tips yang bisa kamu jadikan sebagai bahan tulisan.

Berkaitan dengan Hobi

Setiap orang memiliki hobi, ada banyak hal yang bisa kamu sampaikan dalam bentuk tulisan mengenai hobi yang kamu sukai.

Misalnya kamu hobi masak, tentu kamu bisa berbagai resep masakan, cara memasak, atau sumber-sumber bahan masakan kamu biasa dapatkan.

Atau kamu hobi Hobi memancing, kamu bisa menulis apa saja tentang memancing. Kamu bisa menulis berbagai alat pancing, keseruan memancing atau pengalaman kamu saat memancing.

Atau kamu punya hobi menanam bunga. Kami bisa menulis berbagai cara menanam bunga yang baik, cara mem-bibit dan lain sebagainya yang sangat bermanfaat bagi orang lain.

Jadi memulai tulisan dengan hobi juga termasuk hal penting dan bisa berguna dan bermanfaat bagi orang lain.

Review Sesuatu

Di sekitar kamu tentu ada berbagai alat, tempat atau peristiwa yang bisa kamu jadikan sebagai bahan tulisan.

Misalnya, kamu punya motor, kamu bisa membuat tulisan berupa tutorial tentang motor. Menjelaskan berbagai hal berkaitan dengan motor sesuai pengalaman kamu. Atau memberikan informasi harga motor yang kamu gunakan juga bisa jadi ide tulisan.

Atau kamu ingin menjelaskan sebuah produk yang kamu gunakan dari sisi kelebihan dan kekurangan. Itu juga bisa jadi ide atau bahan postingan dalam membuat artikel.

Baca juga : Beberapa Cara Menulis “Awal Artikel” Dalam Sebuah Blog

Atau kamu sedang berkunjung ke sebuah tempat wisata, rumah makan, atau taman. Nah itu pun bisa jadi sebuah ide tulisan, dan semua informasi yang kamu bagikan itu yakin lah akan bermanfaat bagi orang lain.

Ber-Opini

Opini atau berpendapat secara pribadi tentu sah-sah saja. Namun opini yang di sampaikan harus lah bersifat positif pada orang lain.

Tidak usah menulis opini yang sifatnya kontroversial yang bukannya memberikan manfaat tapi malah memancing keributan.

Misalnya opini dalam bentuk saran contohnya membuat tulisan berbagai hal penting yang baiknya dilakukan untuk menjaga taman agar bersih.

Atau membuat sebuah tips-tips dalam menjaga keharmonisan rumah tangga bila kamu memang sudah berumah tangga dan memiliki rumah tangga hamonis.

Tentu, tips-tips seperti ini sangat bermanfaat bagi banyak orang orang. Intinya opini kamu jadi sebuah problem solved bagi orang lain, bukan membuat masalah baru bagi orang lain.

Sebenarnya, ada banyak hal di sekitar kita yang bisa jadi ide tulisan. Cuman semua itu kembali pada kita, apa kita menulis karena sesuatu atau menulis karena sekedar berbagi pengetahuan.