Kriteria yang Baik Dalam Mendesain Sebuah Logo

28 views

Gelitik – Sebuah logo tidak bisa di buat serampangan karena logo menjadi sebuah ciri khas yang sangat berperan penting dalam memperkenalkan usaha atau perusahaan. Ada beberapa hal penting yang harus terdapat pada sebuah logo sebagai suatu kriteria yang tidak bisa di abaikan.

Berikut ini adalah beberapa kriteria penting dalam menentukan sebuah logo

1. Simple

Mendesain sebuah logo, unsur simple harus jadi point utama. Jika dijabarkan lebih luas simple di sini adalah simple dalam bentuk dan simple dalam warna.

  1. Bentuk yang simple adalah dimana logo tidak di buat terlalu banyak bentuk seperti membuat gambar hewan secara detail dan membuat gambar buah secara rinci. Gambar-gambar tersebut bisa di buat dalam bentuk abstak yang sudah dapat menjelaskan bentuk dari sebuah benda, hewan atau hal-hal yang sering di jadikan logo.
  2. Warna yang Simple yaitu logo sebaiknya tidak memuat banyak warna, maksimal warna logo adalah 4 warna dan yang paling banyak di gunakan adalah 3 warna.

Mengapa simple menjadi hal penting dalam pembuatan logo ?

Sebagaimana fungsinya, logo selain sebagai identitas tentunya juga menjadi salah satu alat pemasaran. Dalam dunia pemasaran, menanamkan ingatan pada seseorang adalah salah satu metode penting. Bila logo yang di buat terlalu sulit untuk di ingat maka tentu saja perusahaan anda akan sulit untuk di ingat oleh orang lain.

Bila bentuknya terlalu rumit atau warnanya terlalu banyak maka hal ini akan menyulitkan orang untuk mengingatnya.

Selain itu, logo simple juga akan memudahkan pekerjaan dan menghemat biaya. Maksudnya begini, ketika kita akan menggunakan logo misalnya untuk membuat pakaian karyawan, maka biaya pembuatan pakaian tersebut bila menggunakan logo yang sulit tentu harganya lebih mahal dan waktu pengerjaannya juga akan lama.

2. Menggambarkan perusahaan

Sebuah perusahaan yang membuat logo maka akan berusaha sedapat mungkin bisa menjelaskan usaha atau produknya dalam sebuah logo. Misalnya perusahaan konstruksi biasanya akan menggunakan item-item konstruksi dalam logo mereka.

Atau penjual kuliner yang biasanya akan menggunakan alat-alat masak sebagai logo misalnya mangkuk dan sendok atau bahan-bahan bumbu dalam logo-nya seperti cabe atau lada. Atau jika dilihat dari penjual cemilan akan memasang bahan dasar buah cemilan yang ia gunakan.

Baca juga : Ingin Produk Baru Kamu Laku Dipasaran, Coba Ikuti Strategi Ini

Atau saat ini banyak marketplace dalam dunia online yang menggunakan item-item belanja seperti troli, tas belanja atau dompet untuk menggambarkan usaha mereka.

3. Universal

Universal disini bermakna tidak akan luntur di makan jaman. Sebuah logo harus bisa digunakan dalam waktu yang lama atau cocok dalam segala jaman. Makanya banyak sekali yang menggunakan logo dalam bentuk abstrak karena selain simple juga terlihat lebih modern.

Selain itu tujuannya memang di buat untuk bisa di gunakan selamanya karena logo adalah identitas dan merubah logo yang sudah di kenal dalam bentuk logo lain tentu akan membutuhkan tenaga dan biaya ekstra untuk memperkenalkan logo baru.

Demikianlah point penting dalam desain atau pembuatan sebuah logo yang bila disimpulkan maka dapat di peroleh sebuah kesimpulan bahwa kriteria logo yang baik adalah memiliki sifat simple dalam bentuk dan warna yang sifatnya universal dan mampu menggambarkan identitas perusahaan secara singkat.

Ide Bisnis Tips dan Cara

Author: 
    author
    Berbagi pengetahuan dan pengalaman dalam bentuk tulisan sederhana, karena berbagi itu Ibadah

    Related Post

    Leave a reply

    This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.