Mengenal Apa Itu Mesin Crusher Plastik ? Peluang Bisnis

21 views

Gelitik.com – Mesin crusher merupakan sebuah alat atau mesin yang memiliki sifat utama untuk menghancurkan, menggiling, menepung suatu material yang awalnya besar menjadi bagian kecil-kecil atau kasar menjadi halus. Mesin Crusher sendiri lebih di kenal masyarakat dengan istilah mesin giling.

Berikut ini adalah daftar mesin crusher yang sering kita jumpai yaitu Mesin Crusher Batu / Stone Crusher, Crusher Plastik, Kertas, Giling Tebu, Giling Padi, Giling Daging, Giling Kopi, Giling Kelapa, Giling Ikan, Giling Bakso dll.

Namun yang di kenal dengan istilah Crusher pada dasarnya adalah mesin berkapasitas menghancurkan benda yang padat atau sangat padat. Contohnya Crusher Batu dan Crusher Plastik. Sedangkan untuk type mesin lainnya adalah hanyalah mesin giling biasa.

#Klasifikasi Mesin Crusher

Mesin Stone Crusher atau mesin penghancur batu adalah salah satu type crusher yang paling umum yang masuk dalam type alat berat. Mesin ini juga di bedakan untuk beberapa type material batu yang di hancurkan misalnya saja :

  • Batu Bara untuk produksi batu bara
  • Batu Gunung untuk material bahan bangunan dan pakan ternak
  • Batu Kali untuk material bahan bangunan
  • Besi atau baja daur ulang

Sedangkan untuk produk lain yang secara khusus memang dibuat tidak sesulit dengan Mesin Stone Crusher adalah :

  • Mesin Crusher Plastik
  • Mesin Crusher Kertas

Kedua type mesin tersebut di klasifikasikan kedalam mesin crusher skala menengah karena struktur material yang di hancurkan tidak memiliki klasifikasi kepadatan tinggi seperti batu dan besi. Yang mana tiap material plastik atau kertas memiliki struktur kepadatan yang hampir sama.

Kemudian type terakhir adalah type Mesin Crusher ringan. Dalam type ini ada banyak sekali yang biasanya di gunakan untuk industri rumah tangga misalnya mesin giling padi, mesin giling daging, Mesin giling tepung dan sebagainya.

Jadi dengan demikian, kita sudah bisa membedakan antara mesin crusher alat berat, menengah dan ringan. Sedangkan untuk type mesin pencacah seperti pencacah sabuk kelapa juga dimasukkan dalam type mesin crusher menengah. Walau sifatnya tidak menghancurkan tetapi merubah dari bentuk besar menjadi bagian yang kecil-kecil.

#Peluang Bisnis Mesin Crusher Plastik

Berbicara tentang mesin crusher pasti kebanyakan kita akan langsung mencari informasi mengenai Mesin Crusher Plastik. Kenapa ? karena peluang bisnis dengan menggunakan mesin ini masih terbuka lebar dan tentu saja potensinya masih sangat besar mengingat banyaknya limbah plastik yang dapat di daur ulang.

#Sedikit penjelasan tentang mesin Crusher Plastik

Mesin Crusher Plastik atau bisa dikenal dengan istilah mesin giling plastik, mesin penepung plastik, Mesin Penghancur Plastik dan istilah lainnya, di rancang dengan tujuan khusus yaitu untuk menghancurkan segala material yang berbahan dasar plastik. Bahkan mesin ini di rancang khusus untuk menghacurkan segala plastik baik yang sifatnya keras, lembek / kenyal.

Mesin Crusher plastik memiliki rancangan khusus pada mata pisaunya yang di bentuk zigzag discontinue yang memiliki efisiensi tinggi dalam menghancurkan berbagai macam jenis plastik.

Mesin ini juga dirancang secara khusus mampu berputar dengan cepat, karena sistem roda putar yang mampu meningkatkan tenaga mesin menjadi tenaga putar yang lebih cepat dari putaran mesin.

Baca Juga : 5 Penemuan Canggih Masa Lampau Yang Hilang

Mesin Crusher plastik ini juga dibuat dalam beberapa varian yang mana memiliki kapasitas tertentu mulai dari 200 kg / jam, 300 Kg / Jam dan 500 kg / Jam. Tentu saja hal itu dimaksudkan untuk anda yang memiliki budget lebih dan bisa memilih kapasitas mesin sesuai budget yang disiapkan.

Saaat ini ada cukup banyak yang menjual mesin crusher plastik. Dari beberapa perusahaan ada dari Tangerang, Jakarta, Solo, Surabaya dan beberapa kota besar lainnya di Indonesia. Namun kebanyakan berada di pulau Jawa.

Dan banyak pula perusahaan yang menjual dan menawarkan mesin ini yang merupakan buatan luar negeri seperti dari china dan Taiwan.

Berapa jenis bahan plastik yang bisa di hancurkan menggunakan mesin crusher ini ?

Pada dasarnya mesin crusher plastik mampu untuk menghancurkan segala material yang terbuat dari plastik misalnya saja plastik dari botol Aqua, minuman gelasan, monitor layar, bahkan pada tingkat plastik keras karena sesuai penjelasan diatas bahwa sistem mata pisau yang zigzag membuat mesin ini benar-benar kuat dalam menghancurkan semua matrerial plastik hingga paling keras.

Saat ini, mesin crusher plastik mulai di kembangkan dari yang paling besar hingga ukuran mini yang di produksi untuk usaha rumahan. Untuk type besar biasanya menggunakan mesin diesel dan untuk yang type mini atau rumahan biasanya hanya menggunakan dinamo motor listrik. Ada juga yang berasal dari pabrikan misalnya produk Import dan ada pula mesin rakitan dari dalam negeri.

Saat ini berbagai mesin crusher di jual dalam kondisi baru juga dalam kondisi bekas atau second. Biasanya mesin bekas yang dijual adalah karena si pemilik ingin meng-upgrade mesinnya ke tingkat yang lebih baik atau dari mesin manual ke mesin otomatis (system CNC).

Demikian informasi singkat Tentang Mesin Crusher Plastik, dalam kesempatan mendatang kita akan mencoba untuk membahas mengenai Harga Mesin Crusher Plastik secara khusus.

Mesin Industri Peluang Bisnis

Author: 
    author
    Berbagi pengetahuan dan pengalaman dalam bentuk tulisan sederhana, karena berbagi itu Ibadah

    Leave a reply

    This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.