Pola Pikir Orang Kaya Vs Orang Miskin

Mindset atau pola pikir memang bisa jadi sebuah penghambat atau jalan dalam meraih kesuksesan. Ketika pola pikir kita negatif maka itu jadi sebuah penghambat. Namun bila pola pikir kita positif maka tentu akan jadi jalan dalam meraih kesuksesan.

Pola Pikir

Ada pola pikir yang sangat berbeda secara mendasar pada orang kaya dan orang miskin. Pola pikir ini mungkin bisa jadi sebuah tambahan wawasan bagi kita dalam menjalani hidup. Sering kita mendengar ungkapan “hanya uang yang bisa cari uang“, ungkapan ini tidak salah dan akan di benarkan oleh orang kaya apalagi oleh orang miskin.

Ungkapan ini juga jadi pola pikir sebagian besar masyarakat kita bahkan telah mengakar. Padahal pola pikir ini seharusnya tidak terus di ulang dari generasi ke generasi.

Kita sama-sama mengetahui bahwa setiap manusia terlahir tanpa satu pun harta yang melekat pada dirinya. Demikian juga orang kaya, tidak ada orang kaya yang langsung kaya, semuanya berawal dari mengandalkan tenaga untuk menghasilkan harta.

Dulu kakek kamu hanya petani, namun berhasil membuka lahan dan menanaminya dengan teh dan kini bapak kamu dan kamu mewarisi kebun teh tersebut dan kamu menjadi orang kaya. Dulu kakek kamu tidak punya rumah, namun ia membangun rumah lalu menjualnya kemudian membangun lagi lalu menjualnya hingga kakek kamu menjadi pengusaha properti yang kekayaannya kamu warisi sampai hari ini. Intinya semua berawal dari nol.

Namun ada juga kakek yang dari dulu membangun rumah terus tinggal di rumah itu sampai kamu mewarisinya sekarang dan kamu tetap seperti kondisi kakek kamu yang biasa-biasa saja. Juga ada seorang kakek yang membuka perkebunan, namun selama berusaha, kebunnya tidak pernah bertambah dan hanya menikmati hasilnya saja tanpa ada kelebihan pendapatan dari hasil yang ia dapatkan.

Mengapa mereka berbeda dalam hal masa depan ? hal itu dikarenakan mindset dari orang-orang tersebut sangat berbeda. Ada yang memiliki pola pikir orang kaya dan satunya memiliki pola pikir orang miskin.

Lalu bagaimana pola pikir Orang Kaya dan Orang Miskin

Pola Pikir Orang Kaya : Ketika mendapatkan penghasilan, maka ia berfikir bagaimana penghasilan itu mendapatkan penghasilan lagi untuk memperbesar nilai penghasilannya tiap bulan.

Pola Pikir Orang Miskin : Ketika mendapatkan penghasilan ia berfikir bagaimana menghabiskan penghasilan yang ia dapatkan karena masih berfikir bulan depan masih ada penghasilan yang sama.

Pola pikir orang miskin ini sangat banyak dan hanya sedikit yang berfikir dengan pola fikir orang kaya. Pernah pola pikir ini diujikan pada orang miskin dan hanya sebagian kecil yang memiliki pola fikir orang kaya.

10 orang di beri uang sejuta, 9 orang langsung membelikan berbagai kebutuhan seperti beras, pakaian dll, mereka tidak berfikir bagaimana cara agar uang sejuta tersebut tidak habis begitu saja, bisa menghasilkan penghasilan dengan menjadikannya modal untuk berusaha.

Kaya dan Miskin bukanlah takdir, namun hanyalah sebuah pola pikir, bila kamu ingin kaya maka rubahlah pola pikir kamu, jangan hidup konsumtif kalau masih hidup dalam keterbatasan ekonomi, pikirkanlah bagaimana memperbesar penghasilan yang telah di dapatkan.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.