Gelitik – Kesehatan adalah sebuah anugerah dari Ilahi yang tak ternilai. Ada berbagai macam hal yang di lakukan orang untuk tetap sehat. Dan Seorang Muslim Takwa memiliki resep tersendiri dalam menjaga kesehatannya.

Banyak orang sakit yang akan berobat ke dokter bila kesehatan mereka terganggu. Di beberapa daerah yang dihuni Muslim sepertinya dokter menjadi pilihan alternatif terakhir.

Apa saja yang di lakukan muslim sebelum sampai ke dokter ? Berikut ulasannya :

TIPS SEHAT SEORANG MUSLIM

1. Sholat 2 Rakaat

Bila seorang Muslim merasa sakit, maka ikhtiar pertama yang mereka lakukan adalah sholat 2 rakaat. Dan setelah sholat mereka berdo’a untuk kesembuhan mereka.

Insya Allah, dengan izin Allah maka mereka akan sembuh. Namun bila tidak mendapat kesembuhan mereka melakukan ikhtiar yang kedua.

2. Membaca Surah Al-fatihah dan Surah Penyembuh lainnya

Jika mereka belum sembuh setelah shalat, mereka membaca surah Fatihah dan surah penyembuh lainnya yang di tiupkan pada air. Praktek ini di sebut dengan ruqyah diri sendiri.

Baca juga : Kisah Inspiratif !! Wahai Ayah, Ajari Aku Sholat !!

Dan dengan Izin allah maka mereka akan sembuh. Namun bila cara ini pun belum bisa memberikan kesembuhan, maka mereka melakukan ikhtiar yang ke tiga.

3. Bersedekah

bila kesembuhan belum juga kunjung di dapatkan maka mereka melakukan sedekah. 

Hal ini sejalan dengan hadist Rasulullah Shallallahu ‘alaihi wa sallam. Rasulullah Shallallahu ‘alaihi wa sallam bersabda:

دَاوُوْا مَرْضَاكُمْ بِالصَّدَقَةِ

“Obatilah orang yang sakit di antara kalian dengan sedekah.” (HR. Abu Dawud, At Thabarani dan Al Baihaqi, dihasankan oleh Syaikh Al-AlBani dalam Shahihul Jami’).

Dengan ikhtiar ini, mereka pun diberikan kesembuhan dengan Izin Allah. Namun bila kesembuhan belum juga di dapatkan maka mereka melakukan ikhtiar yang ke empat.

4. Perbanyak Istighfar

Istighfar adalah salah satu cara untuk mendapatkan kesembuhan. Sebagaimana nabi mengajarkan bahwa sakit adalah meruntuhkan dosa-dosa kita. Maka dengan ber-istighfar, dosa-dosa kita semakin cepat di ampuni.

Baca juga : Nasehat Ustadz Adi Hidayat: Apabila Sudah Selesai Kerja, Jangan Langsung Pulang!

Dengan izin Allah, maka kesembuhan akan di peroleh. Namun bila kesembuhan belum di dapatkan maka dilanjutkan dengan ikhtiar yang ke lima.

5. Mengkonsumsi Obat Herbal

Madu dan minyak saitun adalah contoh obat herbal yang banyak manfaat. Biasanya ikhtiar kelima ada perubahan. 

Madu dan berbagai obat herbal lainnya sudah tidak lagi diragukan keampuhannya untuk mengobati berbagai penyakit.

Dengan Izin Allah, maka kesembuhan pun akan di dapatkan. Dengan ikhtiar ini belum juga memperoleh kesembuhan, maka mereka melakukan ikhtiar ke enam.

6. Dokter yang Sholeh

Barulah pada ikhtiar ke enam mereka mengunjungi dokter. dokter yang mmmpu mengobati secara jasmani dan secara rohani.

Demikianlah tips menjaga kesehatan bagi seorang muslim yang taat atau muslim takwa. Semoga jadi inspirasi kita bersama.