Sebelum Memulai Usaha Siapkan Hal Ini Terlebih Dahulu

35 views

Terjun dalam dunia usaha sebagai seorang entrepreneur tidak serta merta dengan membabi buta. Dibutuhkan rencana yang matang dan penuh dengan pertimbangan. Saya mencoba untuk belajar dari kesalahan dimana selama ini saya menitik beratkan pada permodalan, yang pada akhirnya usaha telah berjalan namun tidak maksimal bahkan terancam mengalami kegagalan atau kerugian.

Ternyata, sebelum membuat usaha, walau rencana sudah matang ada hal yang lebih mendasar yang harus di siapkan, dan berikut ini adalah hal penting yang harus di siapkan dalam memulai sebuah usaha.

1. Ilmu

Banyak yang menulis bahwa dalam membuat sebuah usaha maka di sesuaikan dengan hobi, hal ini sangat tepat. Namun membahasakan ilmu sebagai hobi itu yang kurang pas. Misalnya bila kita punya hobi tetapi orang-orang yang hobinya sama dengan kita sangat sedikit tentu pasarnya juga menjadi kecil. Nah inilah yang kurang tepat.

Sebenarnya hal utama yang perlu di siapkan adalah ilmu. Menjalankan usaha itu harus di lengkapi dengan ilmu dan selama berusaha pula kita terus belajar dan belajar dalam mengelola usaha. Bila hobi kita yang di jadikan usaha maka tentu saja ilmunya sudah kita kuasai tinggal di tingkatkan, namun bagaimana bila tak berkaitan dengan hobi kita tentu kita harus belajar, belajar dan terus belajar.

Kita lihat bagaimana Gazan dengan modal 1.050.000 pemilik Keripik Pisang Zanana yang lebih memilih menimba ilmu melalui seminar-seminar bisnis, buku-buku bisnis ketimbang kuliah. Gazan terus belajar berbisnis melalui pendidikan dan berhasil menerapkan ilmunya dan membuatnya sukses sampai sekarang.

Jadi itulah yang membuat mengapa ilmu itu penting. Seorang pedangang keripik sayur dan buah harus mengetahui buah mana yang telah matang dan buah mana yang masih muda, membedakan buah nangka dan buah pisang tentu berbeda dalam melihat kondisi matang atau tidak.

Jadi sebelum memiliki usaha maka milikilah ilmunya, tidak mesti semua harus di ketahui, minimal pengetahuan dasar tentang bisnis yang akan kita jalankan dan dalam menjalankan bisnis kita akan terus belajar untuk membuat sebuah bisnis yang semakin baik.

2. Usaha

Dalam berbisnis dan berusaha kita tentu mempunyai impian. Impian yang harus kita pertahankan apapun yang terjadi. Ingat .. !! Pertahankan apapun yang terjadi. Kita harus berusaha meraih impian tersebut. Impian bisa menjadi sebuah daya dorong yang sangat kuat untuk meningkatkan semangat dalam berusaha.

Usaha pertama setelah membuat produk adalah dengan memasarkannya, membuat rencana pemasaran yang baik, promosi yang baik dan komunikasi yang baik. Penolakan tentu akan sering kita terima ketimbang orang yang menerima produk kita. Jangan gagal, jangan menyerah hanya karena produk kita di tolak.

Biasanya 9 atau 8 orang akan menolak produk kita karena mungkin tergolong masih baru dan belum di kenal. Cari tau semua hal yang menyebabkan produk kita di tolak, tanyakan, sehingga kita bisa melakukan perbaikan. Ini adalah bagian dari usaha yang kita lakukan.

3. Modal

Bob Sadino membuat kata-kata motivasi bijak “Harus ada uang dulu untuk berusaha, mengapa kita tidak balik, harus berusaha dulu untuk menghasilkan uang”.

Nah … setelah memiliki ilmu, sudah ada usaha baru kita memikirkan modal. Modal baru di pikirkan ketika usaha kita sudah cukup di terima masyarakat. Modal disini adalah modal yang di butuhkan untuk berkembang lebih besar. Bukan modal awal, karena modal awal biasanya itu cukup kecil yang kita gunakan sebagai tester pasar, belum pantas di sebut modal tapi harusnya di sebut biaya pendidikan, bukan demikian ?.

Pentingnya melakukan tester pasar, adalah untuk menghindari kerugian besar ketika produk kita di tolak oleh masyarakat. Sehingga jika benar-benar sudah tidak ada jalan untuk melanjutkan bisnis yang kita bangun, kita bisa segera beralih dengan jenis bisnis lain.

Memulai bisnis itu harus diawali dengan Ilmu kemudian Usaha dan terakhir adalah memikirkan Modal. Namun titik point terakhir adalah sebagai seorang manusia yang hanya seorang Hamba tentunya Tuhan adalah sandaran. Tawakkal menjadi kunci terakhir dalam berusaha. Bila ilmu sudah di miliki, usaha sudah di jalankan dan modal telah disiapkan maka segala keputusan kita serahkan kepada Tuhan. Dan yakinlah bahwa Tuhan senantiasa melihat sebesar apa kita dalam berusaha mencari reskinya dan kita akan diganjar sesuai usaha kita.

Ide Bisnis Inspirasi Kehidupan

Author: 
    author
    Berbagi pengetahuan dan pengalaman dalam bentuk tulisan sederhana, karena berbagi itu Ibadah

    Related Post

    Leave a reply

    This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.