Sedang Mencari Peluang Bisnis? Kenapa Tidak Mencoba Usaha Pembuatan Lilin

85 views

Terkadang banyak hal yang kita lewatkan dalam hidup yang sebenarnya bisa menjadi sebuah peluang bisnis bagi kita. Padahal salah satu mindset seorang Entrepreur sejati adalah bahwa setiap apa yang ada pada diri kita adalah sebuah peluang bisnis. Bukan hanya yang melekat pada bandan seperti baju, jam tangan, sepatu atau tas dan lain-lain. Namun barang-barang yang kita gunakan setiap hari adalah sebuah peluang bisnis.

Di era teknologi seperti sekarang ini, perkembangan teknologi bidang alat penerangan / lampu memang sudah semakin maju. Lampu charger misalnya atau lampu bertenaga surya sudah jadi barang yang tidak asing lagi. Atau saat tidak ada penerangan, handphone pun sudah dijadikan alat multi fungsi sebagai alat penerangan.

Walau pun kehadiran alat-alat tersebut telah mampu menjadi solusi penerangan saat terjadi mati lampu, namun nilai ekonomis-nya tentu tidak sepadan dengan hasil yang di dapatkan. Misalnya, ketika HP di jadikan alat penerangan, rasanya sangat sayang energi baterai terbuang percuma (tidak sebanding resiko) dan juga bisa berpengaruh buruk pada hp tersebut. Dimana lampu flash berubah fungsi menjadi lampu biasa dan juga daya tahan baterai semakin berkurang.

Atau pun lampu charger mungkin sudah sesuai fungsi, namun saat ini lampu jenis ini memiliki daya tahan baterai yang belum maksimal.

Belajar dari pengalaman, saya yakin kebanyakan kita masih lebih mencari alat penerangan seperti lampu pijar atau lilin saat terjadi mati lampu. Lampu pijar sudah sangat jarang di buat karena harga minyak tanah yang melambung tinggi yang menyebabkan penggunaan lampu pijar sudah tidak sesuai jika dilihat dari nilai ekonomis penggunaannya.

Namun, lilin saat ini masih tetap eksis sebagai alat penerangan alternatif yang masih sangat di butuhkan. Manfaat yang di dapat pun juga masih sangat menguntungkan secara ekonomis.

Disinilah kita bisa melihat peluang bisnis bahwa membuat lilin atau memproduksi lilin masih sangat memungkinkan dan dijadikan lahan bisnis atau usaha.

Mengapa Pembuatan Lilin Cocok di jadikan Usaha?

Tentunya ada beberapa pertimbangan saat memilih suatu usaha atau bisnis dan mungkin. Termasuk dalam usaha pembuatan lilin ini. Berikut ini adalah pertimbangan yang mungkin bisa jadi rujukan.

1. Harga Mesin Pembuatan Lilin Relatif Murah

Alat produksi adalah hal pertama yang harus kita ketahui. Mesin pembuatan lilin tergolong cukup murah dan sudah banyak di jual di beberapa marketplace Indonesia seperti Bukalapak atau Tokopedia. Modal biasanya jadi kendala utama dari sebuah bisnis, namun harga mesin pembuatan lilin ini masih sangat terjangkau.

2. Cara pembuatan lilin

Saat ini media online memberikan berbagai jawaban atas pertanyaan yang biasanya muncul dalam diri kita. Termasuk jika bertanya bagaimana pembuatan lilin ?

Dalam internet bertebaran berbagai cara atau tutorial pembuatan lilin dalam berbagai bentuk, baik berupa gambar, tulisan atau dalam bentuk video yang lebih detail.

Informasi-informasi ini bisa di dapatkan dengan cara gratis atau berbayar. Tergantung kemampuan kita dan kemauan kita untuk belajar.

3. Bahan Baku

Sebuah bisnis yang bergerak dalam bidang produksi tentu sangat bergantung pada bahan baku. Kelangsungan bahan bahan baku adalah kunci pokok sebuah barang produksi.

Bahan baku lilin seperti Parafin sangat mudah di dapatkan, termasuk benang dan bahan-bahan lainnya. Selain itu, peran marketplace sebagai toko serba ada semakin memudahkan kita mendapatkan informasi dimana bisa mendapatkan bahan baku pembuatan lilin.

4. Pasar Lilin masih sangat luas.

Setelah memproduksi lilin, tentu kita harus menjual agar mendapatkan uang dan memproduksi lilin-lilin yang akan di jual kembali. Pasar lilin selain untuk penerangan, juga lebih banyak untuk perayaan hari raya beberapa agama tertentu atau kegiatan tertentu.

Baca juga : Ingin Produk Baru Kamu Laku Dipasaran, Coba Ikuti Strategi Ini

Selain itu, berdasarkan penelitian kami, lilin masih sangat kurang beredar di pasar bila dibandingkan dengan kebutuhan atau permintaan pasar. Tidak percaya ? .. silahkan lakukan survey sendiri di beberapa toko atau warung sekitar kamu, maka kamu akan menemukan beberapa toko belum atau tidak menjual lilin.

Ini adalah peluang bisnis yang sangat bagus, permintaan lilin banyak terjadi di hari-hari besar keagamaan, dan musim hujan yang sering terjadi mati lampu.

Semoga peluang bisnis ini bisa kamu manfaatkan segera mungkin. Jangan menunggu hingga peluang ini di ambil orang lain dan semoga sukses jadi entreprenur pengusaha lilin.

Ide Bisnis Peluang Bisnis

Author: 
    author
    Berbagi pengetahuan dan pengalaman dalam bentuk tulisan sederhana, karena berbagi itu Ibadah

    Related Post

    Leave a reply

    This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.