Menjadi pasangan yang halal secara dengan pernikahan tentu menjadi impian semua orang. Wanita dan Pria yang telah dewasa pasti mendambakan sebuah rumah tangga bahagia dari sebuah pernikahanan.

Dengan menikah, maka cinta yang selama ini didambakan, kini sudah ada dalam genggaman. Bisa bersama dengan orang yang di cintai tiap saat adalah sebuah kebahagiaan yang tiada duanya.

Selain itu dengan menikah bisa saling berbagi suka duka bersama, dan bisa memadu kasih tanpa takut terjaring razia. Sungguh indah dunia setelah menikah, tapi … eitz tunggu dulu, sebelum menikah, siapkah diri mu lahir batin ??

Menikah memang mudah, setelah ijab qobul kamu sudah resmi menikah, tapi tidak berhenti di situ saja, ada banyak hal yang akan kamu hadapi, karena menikah bukan semata soal kebahagiaan tapi juga soal menghadapi masalah.

Maka penting bagi pria dan wanita untuk mempersiapkan sesuatu sebelum menikah. Apa saja itu ??

Belajar Ilmu Agama Khususnya soal pernikahan dan keluarga.

Belajar Agama via Kang Hasan

Sebelum menikah, baiknya untuk belajar ilmu agama yang mengatur hubungan rumah tangga. Memahami bagaimana memperlakukan istri atau suami sesuai kaidah agama.

Misalnya seorang Muslim harus bisa mengetahui tata cara mandi junub, bagaimana memperlakukan seorang istri saat tidur dan sebagainya.

Tidak serta merta melakukan ini dan itu sesuai kehendak. Harus mengetahui batas-batas yang di anjurkan agama dan dilarang agama.

Selain itu belajar bagaimana membina keluarga bahagia menurut pandangan agama masing-masing.

Memahami Kewajiban Masing-Masing

Suami istri via AkidahIslam

Jangan menganggap setelah menikah semua sudah selesai, dan segala hal adalah menjadi halal. Sebelum menikah baiknya untuk mengetahui kewajiban masing-masing dari suami istri.

Menjadi suami berkewajiban seperti apa, dan sebagai istri berkewajiban seperti apa. Setelah mengetahui semua, maka setelah menikah tentu akan lebih mudah menempatkan diri sesuai kewajiban.

Jangan terburu-buru menuntut hak sebelum menunaikan kewajiban. Itulah sebabnya, mengapa kewajiban harus di utamakan lebih dahulu di banding pengetahuan mengenai hak.

Memahami karakter dasar manusia berdasarkan gender

Gender via Studi Budaya

Sebelum menikah, ada baiknya kamu memahami karakter berdasarkan gender. Pria harus memahami karakter dasar seorang Wanita demikian pula sebaliknya.

Walau pun kamu telah mengetahui sifat dari calon pasangan mu melalui penjejakan selama beberapa tahun, kamu tetap harus memahami karakternya berdasarkan gender.

Misalnya karakter pria jika menghadapi masalah akan menggunakan otak untuk berfikir sedangkan karakter wanita biasanya dalam menghadapi masalah akan menggunakan perasaan.

Atau ketika marah, pria bila marah kebanyakan mengandalkan tenaga untuk melampiaskan kemarahannya, biasanya dengan menghancurkan barang atau paling tragis bila terjadi secara fisik.

Sedangkan wanita bila marah kebanyakan menggunakan mulut untuk melampiaskan kemarahannya. Artinya bila wanita marah, maka kebanyakan wanita akan ngoceh.

Dengan memahami karakter manusia berdasarkan gender, ketika berumah tangga, kalau liat suami marah sudah tau apa yang akan di lakukan, mencoba mengajaknya bicara dengan berfikir atau menghindar.

Sedangkan bila istri marah dengan ngomel-gomel, suami tau cara mengambil sikap, tidak membalas dengan ocehan namun mendengarkan ocehannya dan sikap terbaik adalah menjadi pendengar setia.

Jika suami istri bertengkar, maka sebagai suami harus memahami bahwa apa yang di katakan si istri adalah berdasarkan perasaan, sedangkan istri pun harus paham bahwa si suami berargumen berdasarkan isi otaknya.

Bila ingin solusi cara menghadapi pertengkaran dalam keluarga kamu bisa baca artikel Pertengkaran Pasturi Sudah Biasa, Berikut Tips Mencairkannya.

Kesimpulan : Menikah itu adalah solusi namun juga gudang masalah. Jangan hanya membayangkan enaknya namun juga harus di persiapkan cara menghadapi masalah yang ada di dalamnya.

Belajar ilmu agama adalah pilihan terbaik untuk keduanya (Suami Istri) dalam menjalani sebuah kehidupan dalam berkeluarga. Saling memahami sikap dan sifat karakter berdasarkan gender juga mengetahui kewajiban masing-masing sebelum menikah akan jadi ilmu yang sangat bermanfaat.