Tips Cerdas Cara Memulai bisnis Sembako

28 views

Gelitik.com – Bagaimana cara memulai bisnis Retail sembako? mungkin itu salah satu pertanyaan yang akan muncul di benak kita saat akan mendirikan sebuah usaha kecil berupa toko sembako. Dan selalu bertanya tanpa melakukan sebuah realisasi atas rencana yang telah kita buat.

Memulai sebuah bisnis memang butuh perencanaan. Namun jangan sampai perencanaan membuat kita lama untuk berfikir dan bertindak hingga sebuah peluang bisnis lewat begitu saja atau paling barang di gondol orang lain.

Salah satu peluang Bisnis yang cukup mampu bertahan dengan segala kondisi keuangan atau ekonomi adalah bisnis sembako. Dan untuk menjalankan bisnis ini mungkin kamu perlu mengetahui beberapa tips ini.

Tips Cerdas Cara Memulai bisnis Sembako

Berikut ini beberapa persiapan yang mungkin akan jadi pertimbangan awal kita saat akan menjalankan bisnis toko sembako !

#Tempat usaha

Bagaimana cara memilih tempat usaha ?. Jika kita perhatikan tentang deretan toko grosir maka kita akan melihat pada umumnya toko sejenis itu berada di satu tempat yang sama, contoh, penjual HP akan berjejer di sekitar penjual HP pula.

Alasannya karena orang sudah tau bahwa di sana tempat jual HP sehingga memudahkan kita dalam sistem promosi secara tidak langsung. Jika ingin membuat toko sembako, sebaiknya pilih di mana banyak terdapat toko sembako.

Bila tidak mendapat lokasi disekitar toko sembako maka pilihan kedua adalah pilih tempat yang ramai, dan selanjutnya adalah dengan mempertimbangkan tempat tersebut mudah dilihat orang atau di jangkau. Itu juga bisa di lakukan pada toko sembako rumahan (kelontong).

#Modal Usaha

Dari mana modal usaha ?. Modal usaha yang paling umum adalah dengan meminjam melalui bank konvensional, tidak usah merasa takut untuk meminjam uang pada bank tetapi yang perlu di ingat bahwa mengajukan proposal pinjaman pada bank harus sesuai dengan kapasitas pendapatan usaha. Jangan sampai angsuran pinjaman bank tidak tertutupi oleh pendapatan. Berdasarkan survey saya cashflow persentase minimal retail adalah 5% – 12%.

Cara kedua adalah dengan mencari pinjaman dari kerabat atau saudara, syaratnya cukup dengan menjaga kepercayaan. Pastikan beban usaha tidak melebihi kapasitas pendapatan usaha.

#System Bisnis

Sebuah usaha harus memiliki system yang bisa menarik minat pelanggan, seperti beberapa toko membuka sistem discount pertiga bulan atau ada juga dengan cara cashback untuk perbelanjaan tertentu.

Pentingnya sebuah system pelanggan akan membuat toko sembako kamu akan di promosikan oleh pelanggan, jadi tidak rugi melakukan discount atau cashbaack dan anggap saja sebagai biaya promosi.

#Promosi

Memperkenalkan toko kamu kepada orang adalah langkah wajib. Selain promosi tidak langsung seperti cashback dan discount, kamu juga harus melakukan promosi langsung seperti membuat catalog produk, memasang harga, membuat spanduk barang dan berbagai inovasi promosi.

#Management

Sebuah usaha tanpa management adalah seperti Manusia tanpa akal, karena bertindak mengikuti arus tanpa memikirkan kemana arus membawanya !, padahal sejatinya sebuah usaha harus punya sebuah tujuan dan perencanaan matang dengan menggunakan sebuah management yang baik.

Lakukan pencatatan atas pemasukan dan pengeluaran, supaya kamu bisa mengukur apakah bisnis yang kamu jalankan memperoleh penghasilan atau kembali modal. Jangan sampai kamu hanya melihat toko kamu ramai pembeli sehingga dijadikan dasar kesimpulan bahwa toko kamu mengalami kemajuan, padahal penting untuk mengetahui kondisi keuangan dari bisnis yang kamu jalankan.

Demikian ulasan singkat ini mengenai Tips Cerdas Cara Memulai bisnis Sembako. Sebagaimana kami telah menyebut dalam artikel sebelumnya dalam artikel Mau Bisnis Yang Tahan Segala Kondisi, Coba 3 Usaha Ini, Terima kasih !!

Ide Bisnis Peluang Bisnis

Author: 
    author
    Berbagi pengetahuan dan pengalaman dalam bentuk tulisan sederhana, karena berbagi itu Ibadah

    Related Post

    Leave a reply

    This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.