Tips Membeli Mobil Bekas Wajib Kamu Ketahui

Tips Membeli Mobil Bekas Wajib Kamu Ketahui

Gelitik.com – Mobil sudah menjadi kebutuhan sehari-hari bagi banyak orang. Namun sebagian masyarakat khususnya di Indonesia masih banyak yang memaksakan diri untuk membeli mobil baru padahal kemampuan mereka masih terbatas. Akhirnya memilih jalan leasing (kredit mobil) dan hanya berakhir pada tagihan menunggak dan penarikan kendaraan.

Padahal saat ini, ada banyak mobil yang di jual dengan harga murah, walau statusnya adalah mobil bekas, namun masih layak pakai.

Tips Membeli Mobil Bekas

Berikut ini adalah beberapa hal yang wajib kamu tau tentang cara membeli mobil bekas.

#Cek Legalitas (Surat-surat) Kendaraan

Dalam membeli mobil bekas, pertama tentu adalah surat-surat kendaraan yang di prioritaskan. Ada 2 jenis surat-surat kendaraan yang harus di perhatikan yaitu Buku Pemilik Kendaraan Bermotor (BPKB) dan Surat Tanda Nomor Kendaraan (STNK). Dan lebih bagus lagi bila ada surat pendukung lainnya seperti faktur pembelian kendaraan tersebut.

Penting untuk anda memiliki legalitas ini karena selain sebagai bukti kepemilikan menjadi bukti sah atas pembayaran pajak kendaraan. Selain itu kita juga membutuhkan BPKB untuk melakukan pemeriksaan fisik terhadap nomor rangka kendaraan dan nomor mesin, jangan sampai telah terjadi penggantian mesin yang tentu akan membuat anda akan kesulitan saat pengurusan pajak utamanya saat penggatian plat kendaraan.

Selain itu saat ini banyak kendaraan yang tidak memiliki BPKB dikarenakan beberapa faktor seperti BPKB dalam kondisi tergadai atau menjadi jaminan atas pinjaman kredit. Ada juga karena kendaraan mobil bekas ini belum sepenuhnya lunas pada pihak leasing, dan bahkan lebih parah karena merupakan kendaraan hasil kejahatan.

Sedangkan fungsi STNK adalah untuk melakukan pengecekan terhadap kendaraan dari sisi pajak tentu saja bahwa informasi dalam STNK juga terdapat data mengenai Nomor rangka dan nomor mesin, dan ini yang harus di cek pertama kali.

#Cek Body Kendaraan

Bila telah lengkap pengecekan kendaraan pada bagian legalitas, saatnya untuk memeriksa body kendaraan. Beberapa bagian kendaraan yang penting untuk di periksa adalah bagian bodi yang terletak pada bagian atas / dalam ban yang rentang keropos.

Selain itu bagian yang sering keropos adalah pada bagian bawah pintu karena biasanya air hujan mengalir ke arah tersebut dan kemungkinan paling sering keropos karena menjadi tempat penampungan air dan juga memiliki jarak yang dekat dengan tanah.

Khusus untuk mobil type sedan, bagian bagasi menjadi sangat penting untuk masuk daftar bagian pemeriksaan karena biasanya air hujan juga paling sering mampir di bagian ini dan jarang mengalami pembersihan.

Alasan mengapa memeriksa bodi kendaraan menjadi prioritas kedua setelah legalitas karena pemeliharaan bodi memakan biaya yang besar bila ingin melakukan perbaikan demikian juga waktu yang digunakan untuk memperbaiki biasanya memakan waktu hingga berbulan-bulan.

#Cek Mesin Kendaraan

Selanjutnya adalah pada pemeriksaan pada bagian mesin kendaraan. Salah satu terpenting dari mesin kendaraan adalah memeriksa bahwa tidak adanya rembesan oli pada mesin, tidak adanya bagian mesin yang mengalami retak dan yang terakhir adalah memeriksa suara mesin dan getaran.

Mesin dengan rembesan oli biasanya mengalami kerusakan pada bagian dalam mesin mobil, ini tentu sangat beresiko bila di kendarai apalagi dengan kecepatan tinggi. Selain itu retak pada bagian mesin juga sangat penting karena sparepart bagian mesin yang retak utamanya bagian inti akan sangat sulit untuk di dapatkan. Sedangkan untuk getaran dan suara mesin yang ribut juga membutuhkan pemeliharaan yang lebih.

Setelah pemeriksaan bodi, mesin menjadi pemeriksaan selanjutnya karena biaya pemeliharaan mesin memang cukup tinggi namun jika di masukkan dalam bengkel maka waktu perbaikannya tidaklah terlalu memakan waktu lama. Biasanya maksimal 2 minggu tidak seperti bodi kendaraan yang memakan waktu hingga berbulan-bulan.

Selain itu, suhu mesin juga perlu untuk di perhatikan, bahwa pastikan untuk memeriksa suhu kendaraan mobil bekas yang akan anda beli. Apa tidak mudah mengalami panas (Overhead). Karena ongkos pemeliharaan untuk pengatur suhu kendaraan terbilang tidak terlalu mahal namun sangat merepotkan.

#Cek Kelistrikan Kendaraan

Selanjutnya adalah melakukan pengecekan terhadap kelistrikan kendaraan. Ini penting, kelistrikan kendaraan bila tidak di perhatikan bisa berakibat fatal. Bisa-bisa kamu di buat pusing dengan kelistrikan kendaraan bila mengalami masalah.

Terpenting dari kelistrikan kendaraan adalah pada bagian mesin yang tentu saja akan mempengaruhi kinerja mesin bahkan bisa membuat mesin mati atau tidak bisa bekerja.

Selain itu kelistrikan terhadap lampu kendaraan menjadi sangat penting di mana lampu-lampu pada kendaraan sebagian besar merupakan tanda-tanda dalam berkendara. Misalnya lampu sein untuk berbelok arah, lampu stop untuk berhenti atau lampu utama saat malam hari.

Bayangkan jika lampu sein anda mati atau lampu stop anda tidak menyala, kemungkinan terjadinya kecelakaan di jalan potensinya akan sangat tinggi. Demikian juga pada klakson kendaraan yang membutuhkan daya listrik.

#Cek Fitur Kendaraan

Beberapa fitur kendaraan yang sangat penting adalah power window, radio tape dan AC. Namun bila diurutkan, kebutuhan akan AC adalah lebih utama, mengapa ?

AC dapat membuat kita merasa nyaman saat berkendara baik saat siang hari saat udara panas, namun AC ternyata lebih penting saat terjadi hujan. Mengapa demikian ??

Karena AC mampu menghilangkan embun pada kaca kendaraan saat hujan. Embun muncul akibat udara dalam kabin kendaraan lebih panas dibandingkan dengan udara diluar kendaraan yang tentu lebih dingin akibaat hujan. Hal ini menyebabkan terjadinya embun pada kaca kendaraan yang membuat jarak pandang tidak terbatas juga penglihatan kurang jelas.

Dengan adanya hawa dingin yang di hembuskan oleh AC maka akan menghilangkan embun karena udara di dalam kabin mobil menjadi lebih dingin di bandingkan dengan udara yang ada di luar.

Sedangkan tape pada mobil tidak terlalu di butuhkan karena biasanya memiliki pengaruh negatif lebih banyak ketimbang positifnya. Biasanya suara tape akan membuat kita sulit mendengar suara klakson dari kendaraan lain, paling fatal bila membuat kita terhanyut dan tidak fokus dalam berkendara.

Mendengarkan musik biasanya hanya di butuhkan saat kita mengendarai mobil saat sendirian sebagai hiburan. Sedangkan saat mobil terisi banyak penumpang biasanya lebih sering untuk ngobrol atau memainkan gadget.

#Cek Interior kendaraan

Selanjutnya yang jadi titik fokus pemeriksaan adalah pada interior yang rapi dan bersih. setidaknya pemeriksaan pada interior bisa mempengaruhi nego dan deal-deal harga atas mobil bekas yang akan kita beli.

walau demikian, ada beberapa bagian interior yang harus kita perhatikan utamanya interior yang terbuat dari bahan plastik seperti doasboard, tiang-tiang atau panel-panelnya. Karena untuk mendapatkan sparepart yang berbahan plastik pada bagian interior akan sedikit sulit untuk di temukan.

#Asuransi Kendaraan

Mungkin untuk point yang satu ini hanya berlaku bila kamu membeli mobil di showroom yang menjual mobil bekas. Asuransi tentu sangat membantu dalam pemeliharaan kendaraan dan perlindungan keamanan atas mobil bekas yang kamu beli.

Demikian Tips Membeli Mobil Bekas Wajib Kamu Ketahui, semoga bermanfaat dan jangan lupa bagikan artikel ini di sosial media kamu !

Baca Juga

COMMENTS