Gelitik – Bagi pecinta ikan, Guppy pastinya menjadi salah satu kecintaan. Selain indah dan mudah dirawat, saat ini juga sedang diminati di pasaran. Tak heran jika harganya beragam, dari yang ribuan hingga jutaan, tergantung kecantikan.

Membesarkan ikan yang sehat dan cantik menjadi sebuah tantangan. Bagi yang sudah ahli, memelihara Guppy adalah hal yang sangat dinikmati. Apalagi ketika sudah berhasil mendulang rupiah. Nikmatnya berlipat ganda. Selain menyalurkan hobi juga bisa mengisi pundi-pundi rejeki.

Lalu bagaimana dengan yang baru saja “jatuh cinta”? Seperti cinta pada umumnya, kasih sayang akan menuntun kita untuk memberikan yang terbaik. Dan tentunya, hasil tidak pernah menghianati proses.

Berikut adalah tips-tips sederhana membesarkan Guppy bagi pemula:

1. Air bersih dari sumber mata air yang bersih pula.

Kualitas air sangat menentukan daya hidup ikan. Air jernih, bersih, dan dari sumber yang bersih pula membuat ikan hidup lebih lama.

Pemberian air sesuai takaran kadar PH yang sesuai dengan lingkungan ikan akan lebih baik. Maka sebaiknya untuk membeli alat untuk mengukur kadar PH air yang digunakan.

2. Makan yang cukup

Berilah Guppy makan dua kali sehari dengan jumlah secukupnya. Jangan terlalu banyak makan, karena bila terlalu kenyang, sejatinya ikan lebih cepat mati.

Dengan takaran pemberian makanan yang tepat maka ikan akan tumbuh secara baik dan optimal. Memberi pakan berlebih bukan berarti membuat ikan akan sehat karena tidak kelaparan, namun malah sebaliknya membuat ikan sakit akibat kekenyangan

3. Pakan yang tepat

Seperti manusia, Guppy pun membutuhkan makanan bernutrisi. Untuk bayi Guppy berusia tiga hari sampai satu bulan, pakan terbaiknya adalah artemia. Artemia adalah telur udang yang dibekukan.

Harganya cukup mahal, kurang lebih tujuh ratus lima puluh ribu rupiah per kaleng. Namun jangan khawatir, saat ini banyak yang menjual dalam kemasan repack sehingga bisa membeli dalam kemasan kecil dengan harga yang bisa kita jangkau.

Baca juga : Tips Bijak Menentukan Kredit Menguntungkan

Tentunya ada harga, ada kualitas. Dengan pakan berkualitas, Guppy yang dihasilkan pun berkualitas. Untuk Guppy berusia di atas satu bulan, pakan yang bagus adalah cacing sutra.

4. Mengganti air minimal seminggu sekali

Menjaga kebersihan habitat ikan tentunya juga sangat penting. Oleh karenanya, gantilah dua per tiga airnya dengan air yang bersih minimal seminggu sekali.

Jangan menunggu hingga air terlihat keruh baru menggantinya, karena walau air jernih belum tentu terjaga kualitas akan kesehatan air tersebut.

5. Pisahkan Guppy berdasarkan usia

Hal ini agar mudah dalam memberikan makan, perawatan, serta mudah dalam mengamati pertumbuhan.

Demikian tips sederhana yang bisa dibagikan oleh pecinta ikan yang sudah tiga tahun menggilai Guppy. Jangan lupa, kuncinya “cintailah ikan anda dengan sepenuh jiwa”. Selamat membesarkan Guppy yang sehat dan sempurna. Semoga mampu menghasilkan rupiah ke depannya. (Penulis :┬áVika Ardiyanti)