Gelitik – Masalah rumah tangga bisa menimpa siapa saja, bisa keluarga yang baru saja di mulai atau rumah tangga yang berjalan puluhan tahun.

Di era informasi digital, dimana masyarakat sudah terbiasa dengan mengakses sosial media yang dulunya hanya sebatas media pertemanan, sekarang bergeser menjadi media curhat atau bahkan dijadikan alat sindir menyindir.

Ada fenomena unik saat ini, dimana Medsos (Media Sosial) juga jadi cara penyampaian masalah dalam keluarga. Sehingga masalah keluarga yang seharusnya hanya ada dalam keluarga menjadi konsumsi publik.

Padahal, pertengkaran dalam rumah tangga adalah aib bersama antara suami dan istri. Malu ketika pertengkaran di dengar tetangga, tapi tidak malu pertengkaran di ketahui publik seluruh dunia.

Wahai Suami dan Para Istri, Jangan Umbar Masalah Keluarga Mu di Sosmed

Mengapa, masalah keluarga jangan di umbar ke publik apalagi medsos ?, berikut beberapa alasannya :

Aib bagi keluarga

Sadar atau tidak sadar bahwa mengumbar masalah rumah tangga dalam medsos membuka aib bagi keluarga. Bukan hanya keluarga rumah tangga itu sendiri, tapi juga berimbas pada rumah tangga orang tua dan saudara.

Keluarga besar menjadi bahan gunjingan negatif, yang dapat mempengaruhi sikap sosial masyarakat pada anggota keluarga.

Dimanfaatkan orang

Tidak ada yang dapat menduga bahwa ada orang yang tidak senang dengan keluarga kamu. Dengan mengetahuinya sebuah masalah dalam keluarga kamu, maka dapat di jadikan momen untuk membuat keluarga kamu berantakan.

Baca juga : Pertengkaran Pasturi Sudah Biasa, Berikut Tips Mencairkannya

Atau bisa juga ada orang yang ingin memanfaatkan kesempatan masalah keluarga kamu, untuk mendekati salah satu dari kamu. Ia ingin mendekati istri atau suami kamu.

Medsos tidak akan memberikan solusi

Media sosial sama sekali tidak akan memberikan solusi bagi masalah dalam rumah tangga kamu. Yang ada malah membuat kebanyakan orang mengetahui aib rumah tangga kamu.

Sebaiknya masalah dalam rumah tangga menjadi masalah yang hanya di ketahui dalam rumah tangga. Cukup suami dan istri yang tau, bahkan jangan sampai ayah dan ibu atau saudara kamu mengetahui masalah kamu.

Dengan demikian kamu akan menjadi keluarga dewasa dan akan mampu menghadapi setiap masalah dalam rumah tangga dengan bijak.

Dilarang Agama

Bagi seorang muslim, membuka aib seseorang adalah termasuk dosa besar. Di ibaratkan memakan bangkai saudaranya. Jangankan aib orang lain, aib sendiri pun harus ditutupi.

Sebagaimana sabda Rasulullah “Setiap umatku dimaafkan kecuali orang yang terang-terangan (melakukan maksiat). Dan termasuk terang-terangan adalah seseorang yang melakukan perbuatan maksiat di malam hari, kemudian di paginya ia berkata : wahai fulan, kemarin aku telah melakukan ini dan itu – padahal Allah telah menutupnya- dan di pagi harinya ia membuka tutupan Allah atas dirinya.” (HR Bukhori Muslim).

Baca juga : Dahulukan Istri Kamu Dari pada Teman Atau Rekan Kerjamu

Menciptakan masalah baru

Mengumbar masalah rumah tangga dalam keluarga di media sosial hanya akan menciptakan masalah baru.

Dimana bila salah satu dari suami atau istri merasa tidak nyaman atas status yang dibuat. Bukannya membuat masalah reda, namun malah menyulut api masalah baru.

Sebagai kesimpulan, Sosial Media bukanlah tempat untuk mengungkapkan berbagai persoalan. apalagi soal masalah dalam rumah tangga. Bukan pula tempat mencari solusi bagi rumah tangga yang mengalami masalah.

Bukan pula tempat untuk memanjatkan do’a, atau sarana menyindir saudara, teman atau kenalan.

Sosial media adalah tempat menjalin persahabatan dan silaturahmi yang telah lama terputus. Berbagi informasi penting seperti bela sungkawa, kata-kata inspirasi, media dakwah serta hal positif lainnya.