Gelitik – Saat ini bertebaran berita mengenai hasil Survei tentang Ulama paling dipatuhi dimana Ust Abdul Somad dibandingkan dengan Habib Rizieq. Bahkan berita ini sampai di blowup atau di paksa viral berbagai media tanah air.

Tentunya sebagai Muslim, membandingkan satu ulama dengan ulama di dasarkan kepatuhan adalah suatu hal yang terlihat aneh. Seakan jamaah dari masing-masing kedua Ulama saling di benturkan.

Berita atau survei ini seakan mencoba menggiring para fanatik dari Ulama-ulama tersebut untuk saling berdebat. Seakan penyebar berita ingin agar terjadi perdebatan antara pendukung Ust Abdul Somad dan Pendukung Habib Rizieq.

Sebaiknya, hal ini tidak usah dipermasalahkan tentang siapa ulama yang paling di patuhi karena pada prinsipnya sebagai  seorang Muslim semua Ulama harus di ikuti.

Baik Ust Abdul somad atau Habib Rizieq, keduanya adalah Ulama besar bangsa ini, Ulama-Ulama terbaik negeri ini. Keduanya memiliki visi dan misi yang sama yaitu berdakwah dalam rangka membawa masyarakat ke jalan yang lebih baik sesuai tuntunan agama.

Selain itu berita atau survei ini seakan mengesampingkan Ulama sepuh Kyai H. Ma’ruf Amin. Bahkan terkesan merendahkan karena nama beliau tidak masuk dalam 5 besar ulama yang paling di patuhi.

Padahal sebagaimana kita ketahui, beliau termasuk orang memiliki basis massa atau jamaah yang cukup banyak.

Sebaiknya berita mengenai perbandingan antar ulama tidak usah ditanggapi apalagi hasil survei yang yang terkesan mengadu domba misalnya siapa yang paling di patuhi, ulama dengan jamaah terbanyak, ulama paling cerdas dan lain-lain.

Karena berita-berita seperti ini hanya pembodohan publik dimana masyarakat di suruh berfikir bahkan sampai berdebat dengan hal-hal tidak penting.