Gelitik – Menjadi seorang entrepreneur atau memutuskan terjun kedua bisnis dan menjalankan sebuah usaha, maka ada hal penting yang harus di pahami terlebih dahulu mengenai sebuah kerangka bisnis.

Kerang usaha di sini adalah bagian-bagian dari usaha yang kamu jalankan sehingga kamu bisa melakukan manajemen yang tepat terhadap usaha kamu.

3 Kerangka Bisnis Sukses Penting Kamu Ketahui

Berikut ini kerangka usaha yang penting untuk di ketahui dan di pahami.

1. Produk

Dalam dunia bisnis ada dua produk yang sering di tawarkan pada pelanggan. Yaitu dalam bentuk jasa dan dalam bentuk barang atau kombinasi keduanya.

Kamu harus paham jenis usaha apa yang kamu jalankan, apakah itu produk jasa atau produk barang.

Bila kamu menawarkan produk jasa maka pelayanan adalah inti pokok dari produk yang kamu pasarkan. Dalam bidang jasa, karena produk tidak tampak, maka pelayanan yang jadi titik kunci keberhasilan kamu dalam memberikan kepuasan pada pelanggan.

Sedangkan bila kamu menawarkan produk dalam bentuk barang, maka kualitas produk menjadi prioritas.

Baca juga : Sebelum Memulai Usaha Siapkan Hal Ini Terlebih Dahulu

2. Administrasi

Dalam menjalankan sebuah bisnis baik bisnis skala kecil, maka penting untuk melakukan administrasi yang rapi. Tujuan administrasi sendiri adalah untuk melakukan perekaman terhadap kegiatan bisnis yang kamu jalankan.

Dengan adanya administrasi yang baik maka kamu bisa mendapatkan informasi mengenai perkembangan atau kemunduran usaha yang kamu jalankan.

Sehingga kegiatan administrasi bisa memberikan kamu gambaran bisnis, dan kamu bisa mengambil keputusan yang tepat dalam mengembangkan usahamu kedepannya dengan dasar informasi dari kegiatan administrasi yang kamu lakukan.

Administrasi di sini juga terbagi atas 2 kegiatan penting yaitu administrasi kantor yang berkaitan dengan kerjasama dengan pihak luar perusahaan dan administrasi keuangan yang memberikan informasi keuangan yang penting bagi pengambilan keputusan berikutnya.

3. Marketing

Memiliki produk dan pelayanan yang baik serta administrasi yang rapi belumlah cukup untuk membuat usaha yang sukses. Karena semua itu tidak akan ada artinya tanpa marketing.

Marketing adalah hal terpenting yang di lakukan untuk membuat bisnis jadi sukses. Dengan adanya marketing baik promosi langsung atau tidak langsung, maka bisnis kamu akan di kenal orang.

Disinilah pepatah tak kenal maka tak sayang sangat cocok diterapkan dalam prinsip marketing. Coba bayangkan bagaimana bisnis kamu tanpa tindakan promosi, apakan produk kamu akan di kenal oleh orang ?

Pentingnya marketing dapat kita lihat dari berbagai media saat ini, seperti iklan yang di bayar ratusan juta sekali tayang di tv padahal harga produknya hanya ribuan seperti makanan ringan atau minuman gelas.

Inilah 3 garis besar kerangka penting harus di ketahui dalam sebuah bisnis. Untuk membangun sebuah bisnis yang sukses, maka sangat penting untuk memperhatikan tiga poin tersebut.

Dalam artikel selanjutnya, kita akan membahas detail dari kerangka bisnis ini,sehingga kita semakin memahami cara untuk membangun sebuah bisnis yang sukses.