Gelitik – Terjun dalam dunia bisnis bisa dilakoni siapa saja baik itu orang dengan segudang pengetahuan dan wawasan atau orang dengan pendidikan pas-pasan.

Bisnis juga tidak mengenal usia dan profesi, yang bisa di jalankan oleh seorang pelajar sekolah menengah pertama atau bahkan ibu rumah tangga yang padat dengan kesibukan rumah tangga.

Bagi ibu rumah tangga, beraktifitas di luar rumah akan menjadi sulit ketika harus meninggalkan pekerjaan rumah tangga. Apalagi bila memiliki anak yang masih tergolong balita.

Hingga pada akhirnya, Bisnis Rumahan atau menjalankan bisnis di rumah menjadi pilihan akhir bagi mereka.

Tetapi jangan salah salah, banyak bisnis besar yang di mulai dari rumahan, sebut saja facebook yang awalnya hanya dioperasikan dari garasi rumah yang kini telah berkembang pesat menjadi perusahaan besar dunia.

Namun kita tidak akan membahas sampai sejauh itu, yang akan kita bahas kali ini tentang kekurangan dan kelebihan menjalankan bisnis dari rumah.

Kelebihan dan Kekurangan Bisnis Rumahan

Dalam menjalankan bisnis akan timbul berbagai hal yang kadang berdampak baik kadang juga berdampak buruk. Biasa kita sebut sebagai suatu bentuk kelebihan atau kekurangan dari sebuah jenis bisnis, termasuk Bisnis rumahan.

Bisnis Rumahan adalah bisnis yang dijalankan dirumah dimana kita tinggal bersama keluarga. Biasanya bisnis rumahan adalah bisnis dengan skala kecil atau bisnis modal kecil sebagai tempat memperoleh penghasilan tambahan, bahkan tidak sedikit yang menjadikannya pekerjaan pokok keluarga.

Kelebihan bisnis Rumahan

Yang pertama kita akan membahas dari keuntungan atau kelebihan bisnis rumahan antara lain :

Waktu yang fleksible

Menjalankan bisnis rumahan memiliki waktu yang fleksible yang artinya waktu untuk menjalankan bisnis rumahan bisa di sesuaikan dan di kondisikan dengan keadaan.

Berbeda dengan bekerja sebagai karyawan atau pegawai dimana waktu bekerja di tentukan dan harus di jalankan sesuai aturan yang berlaku.

Biaya Relatif Murah

Karena bisnis rumahan di jalankan di rumah maka biaya otomatis menjadi lebih hemat dan murah.

Dimana bisnis rumahan tidak lagi membutuhkan biaya seperti biaya sewa tempat, karena bisa memanfaatkan ruang kosong pada rumah sebagai tempat usaha.

Misalnya memanfaatkan teras atau sisi kosong bagian rumah seperti pekarangan untuk di jadikan tempat usaha.

Atau mengurangi biaya transportasi dimana untuk sampai ke tempat usaha tidak lagi membutuhkan biaya transportasi karena tempat usaha ada di rumah dimana kamu bertempat tinggal.

Bisa mendidik jadi lebih profesional

Karena bisnis rumahan adalah bisnis yang di jalankan di rumah oleh kamu sendiri maka kamu bisa mengambil keputusan secara mandiri.

Dari bisnis yang kamu jalankan kamu bisa belajar mengenai problem bisnis dan berbagai seluk-beluk bisnis yang kamu jalankan.

Menjalankan bisnis rumahan maka otomatis kamu akan diminta untuk menangani berbagai macam pekerjaan secara mandiri.

Disinilah jiwa kamu akan di didik untuk lebih profesional dalam mengelola dan menghadapi berbagai problema bisnis yang kamu jalankan.

Prosedur Hukum yang sederhana

Dengan usaha rumahan, prosedur legal juga sangat sederhana, dimana usaha rumahan bisa di jalankan dengan bekal surat keterangan usaha dari kelurahan.

Tidak perlu repot mengurus untuk akta perusahaan atau SITU-SIUP yang selain sedikit rumit juga memakan biaya yang cukup mahal.

Biasanya bisnis rumahan juga tidak di kenakan pajak, namun cukup kesadaran diri untuk membayar pajak bila memang pendapatan yang dihasilkan sudah kena pajak.

Kekurangan Bisnis Rumahan

Setelah membahas soal kelebihan bisnis rumahan, selanjutnya adalah tentang kekurangannya yang kami rangkum sebagai berikut :

Privasi Keluarga Terganggu

Karena sifat bisnis rumahan yang bersifat umum atau untuk melayani masyarakat di rumah, otomatis hal tersebut membuat privasi rumah akan terganggu.

Rumah akan sedikit terganggu dengan kehadiran orang-orang yang membutuhkan jasa atau produk bisnis rumahan yang kamu tawarkan.

Selain itu bisa mengganggu ketengan keluarga dimana rumah yang seharusnya menjadi tempat istirahat bersama keluarga harus terbagi untuk kepentingan umum.

Keuntungan yang kecil

Bagi bisnis rumahan, keuntungan yang di tawarkan pun kecil karena jangkauan pemasaran dari bisnis ini juga terbatas.

Namun dengan adanya internet saat ini yang bisa di akses dari berbagai perangkat smartphone, masalah ini sudah bisa di atasi.

Namun ketika bisnis rumahan tidak bisa memanfaatkan internet sebagai media, maka kembali, keuntungan yang di tawarkan bisnis rumahan menjadi kecil.

Manajemen yang buruk

Karena di kelola secara sederhana, biasanya bisnis rumahan memiliki manajemen yang tidak teratur dan di kelola asal-asalan.

Padahal, sekecil apapun bisnis yang di jalankan, ada baiknya untuk selalu mengelola bisnis dengan manajemen yang baik dan profesional.

Baca : Agar Jadi Pengusaha sukses, Ketahui 3 Kerangka Bisnis Ini Terlebih Dahulu

Terkadang Menyita Seluruh Waktu

Bisa saja waktu yang di tawarkan bisnis rumahan adalah fleksible namun bisnis rumahan juga bisa menyita seluruh waktu yang ada. Dari waktu kerja hingga waktu untuk beristirahat.

Misalnya ketika membuka toko kelontong yang hanya buka sampai jam 8 malam, biasanya ada pelanggan yang sangat butuh jam 10 hingga minta tolong untuk di berikan barang yang di butuhkan.

Demikian kelebihan dan kekurangan dari bisnis rumahan. Namun dengan kelebihan atau kekurangan yang dimiliki, bisnis rumahan adalah salah satu bentuk bisnis yang menjanjikan.

Baik itu sebagai usaha sampingan atau sebagai usaha pokok untuk menopang ekonomi keluarga.