Gelitik – Kali ini kita akan membagikan tips antisipasi pencuri wi-fi pada jaringan indihome kita.

Walau saat ini sudah banyak di kembangkan aplikasi mobile yang bisa membobol wifi Indihome, tetap saja ada cara ampuh untuk melindungi Wi-Fi kamu dari penumpang gelap.

Kali ini kita menggunakan Modem Wifi dari Indihome Seri HG6243C. Adapun cara yang digunakan untuk memblokir sekaligus yaitu :

Cara Ampuh Blokir Sekaligus Pembobol Wi-Fi Indihome

Yang pertama yang perlu kita lakukan adalah dengan mencatat semua Alamat MAC Wi-Fi perangkat smartphone dan Laptop yang kita gunakan di rumah.

1 Catat Semua Alamat MAC Wi-Fi

Pertama yang harus kamu lakukan adalah dengan mencatat semua nomor MAC Wifi satu persatu. Ada 2 cara yang bisa kamu gunakan yaitu.

Cara pertama untuk mengetahui Alamat MAC WiFi dengan membuka pengaturan pada smartphone – About atau tentang smartphone – kemudian cari alamat MAC Wi-Fi. lalu catat semua secara baik dan benar.

Cara kedua adalah menghubungkan semua perangkat ke Modem WiFi lalu catat satu persatu. Namun pastikan bahwa Nomor MAC Wi-fi yang kamu catat adalah nomor perangkat kamu, jangan sampai mencatat perangkat alamat MAC Wi-Fi Pembobol.

2 Setting Modem Indihome

Selanjutnya adalah login ke modem Indihome dengan menggunakan browser alamat 192.168.1.1. Masukkan password dan user name admin.

Tampilan Login Indihome

Setelah login, klik tab security kemudian tab pilihan MAC Filetering.

Selanjutnya tekan tombol add lalu masukkan nomor perangkat MAC Wi-Fi milik kamu dan setting start time 0.0 dan 24.0 (setting waktu ini bermakna bawah wifi aktif 24 jam)

Bila punya anak sekolah bagus kalau di setting antara 6.0 dan 22.0 sehingga perangkat milik anak-anak yang masih sekolah otomatis hanya bisa mengakses Wi-Fi pada jam 6 pagi sampai jam 10 malam.

Jangan lupa untuk memilih enable pada kolom dibawahnya lalu tekan tombol apply.

Selanjutnya tekan tombol add lalu masukkan nomor perangkat MAC Wi-Fi milik kamu dan setting start time 0.0 dan 24.0 (setting waktu ini bermakna bawah wifi aktif 24 jam)
Setting Time saya batasi untuk anak jam 6 pagi samapi jam 23 malam

Lakukan hingga nomor MAC Wi-Fi semua perangkat yang di gunakan oleh kamu dan lainnya sudah di masukkan.

Pastikan semua Alamat MAC WiFi perangkat sudah masuk dan selanjutnya pilih Enable dan Whitelist kemudian tekan apply .

Aktifkan blokir pembobol wifi indihome

Setelah itu pastikan firewell control aktif, Maka pilih tab Security kemudian aktifkan Firewell Control dengan memilih enable lalu apply

Baca juga : Cara Mengatasi Overhead Pada Mesin Mobil, Periksa Bagian Berikut !!

Cara mengatasi pencuri wifi Indihome

Selamat, kini jaringan Wi-Fi indihome kamu sudah aman dari para pembobol Wi-Fi. Dimana hanya Alamat MAC terdaftar saja yang bisa mengakese jaringan kamu.

Jadi Walau pun pembobol tau password Wi-Fi kamu, mereka akan bisa terkoneksi tetapi tidak bisa menerima jaringan Wi-Fi atau internet.