Gelitik – Ikan Guppy memang sedang digemari. Banyaknya permintaan membuat harga melonjak tajam. Hal ini tentu saja menguntungkan, Apalagi bagi anda yang sudah lama mengoleksi.

Tanpa disadari, anda pun menjadi pemelihara yang ahli. Dari sekedar hobi, kini ikan anda semakin “menjadi”. Bahkan rasanya anda semakin kewalahan, memberikan ruang, pakan, dan perhatian.

Memelihara ikan memang sama halnya dengan beternak, jika diurus dengan baik akan beranak-pinak. Kini, ikan anda sehat, cantik, dan semakin banyak.

Inilah yang disebut peluang. Hobi anda bisa menghasilkan uang. Saatnya untuk ditawarkan. Kenapa tidak, kalau ikan anda memang layak diunggulkan. Tapi siapa yang akan membeli? Tentu saja pelanggan harus dicari.

Cara Efektif Memasarkan Ikan Guppy Secara Online

1. Sering mengunggah koleksi ikan di media sosial.

Bukan hanya kehidupan pribadi, di media sosial juga perlu menceritakan ikan yang anda koleksi. Deskripsikan bagaimana perhatian anda. Jelaskan bagaimana anda sungguh-sungguh merawatnya. Temukan apa kelebihannya.

Unggulkan keindahan warnanya. Ceritakan secara natural, sebagaimana anda biasa berkomentar. Hal ini untuk menarik perhatian. Agar kenalan anda tahu, anda memelihara ikan yang bermutu.

2. Bergabung dengan Komunitas Pecinta Ikan di Media Sosial

Ikutilah komunitas pecinta ikan di media sosial. Di sana kita bisa berbagi informasi dan juga melakukan promosi. Disana banyak pertanyaan, banyak pula yang memberi jawaban.

Banyak yang minta saran, banyak pula yang memberi himbauan. Banyak permintaan, banyak penawaran. Tak heran jika transaksi jual beli berawal dari sini.

Apalagi kalau komunitasnya dalam sebuah kota yang sama. Siap-siap ketemuan untuk mengantar pesanan (COD).

3. Menambahkan teman dari Grup Pecinta Ikan

Karena adanya interaksi di Grup, kita bisa menambahkan anggota-anggota tertentu sebagai teman secara pribadi. Terutama jika teman tersebut termasuk pemain baru di dunia Guppy.

Teman baru tersebut akan sering melihat postingan kita sehari-hari. Maka semakin besar pula kemungkinan untuk membeli. Tapi anda juga harus sabar, jika banyak yang bertanya tanpa membayar.

Banyak minta informasi, tapi tidak ada transaksi. Anggap saja sedekah, agar hidup semakin berkah.

4. Buatlah lapak di toko daring seperti buka lapak dan shopee.

Kepercayaan adalah kunci awal sebelum membeli. Maraknya penipuan, membuat banyak calon konsumen menjadi enggan. Kepercayaan juga tidak bisa dipaksakan.

Oleh karena itu, andalah yang harus mengupayakan. Perantara pihak ke tiga bisa menjadi solusi. Cobalah untuk membuka toko di buka lapak dan shopee. Berbelanja di sana membuat konsumen merasa tenang.

Semakin banyak penjualan dan testimoni positif, membuat performa toko anda semakin baik. Semakin tinggi juga kepercayaan calon pembeli.

5. Berjualan perlengkapan ikan

Tentunya toko anda akan semakin sempurna dengan menjual perlengkapan ikan lainnya, misalnya makanan.

Baca juga : Cara Terbaik Memelihara Ikan Guppy Bagi Pemula

Terlebih lagi toko daring memberikan subsidi gratis ongkir dengan minimal pembelanjaan tertentu. Hal tersebut menyebabkan pelanggan berbelanja sekalian. Jadi penjualan anda pun meningkat bertingkat-tingkat.

6. Mengikuti kontes-kontes ikan semacam aqua world

Dengan mengikuti acara seperti itu, anda akan semakin terpacu meningkatkan mutu. Karena pesertanya pasti tak diragukan kehebatannya. Anda juga makin tahu, ikan apa yang paling laku.

Selain itu, anda juga akan semakin banyak kenalan. Yang artinya, anda juga meningkatkan peluang penjualan. Belum lagi kalau anda jari juara, sangat lumayan hadiahnya.

Demikian tips memasarkan ikan Guppy yang bisa kami bagi. Langkah mana yang telah anda coba? Jika belum, maka kini saat memulainya. Meningkatkan mutu itu harus, mendapat untung itu bonus. Selamat berjualan, semoga pelanggan segera datang. Tetap bersabar, rejeki tidak akan tertukar.